Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

19 Nama Kota Terpanjang di Dunia, Ada yang Sampai 163 Huruf

Kompas.com - 10/07/2022, 16:48 WIB
Desi Intan Sari,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sulit menyebut nama sebuah kota lumrah terjadi. Apalagi, beberapa negara punya alfabet berbeda yang relatif sulit dibaca jika tak memahami bahasanya.

Kebanyakan kota di dunia memang relatif mudah dibaca. Namun, berikut ini sejumlah nama kota terpanjang di dunia yang sulit dibaca, apalagi diingat, seperti dikutip dari World Population Review, organisasi penyedia data dari AS.

Baca juga: 10 Nama Kota Paling Sulit Diucapkan di Dunia, Berdasarkan Survei 

Ibu kota Thailand, Bangkok, misalnya, punya nama lain yang sangat panjang dan sulit dibaca oleh kebanyakan orang, yakni Krung Thep Maha Nakhon. 

Nama tersebut punya nama asli yang lebih sulit untuk dibaca dan diingat, yakni Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Yuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathatt Prasit.

Namun rupanya, nama lain Bangkok bukan nama terpanjang dan terumit.

Ada kota di Wales yang terdiri dari 58 huruf, yaitu Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch. Kebanyakan dari kita bahkan tak tahu cara membacanya.

Namun, karena terlalu panjang, nama tersebut diringkas menjadi Llanfairpwllgwyngyll, yang sebetulnya tetap saja panjang dan sulit dilafalkan.

Namun, jika diterjemahkan secara kasar ke dalam Bahasa Inggris, nama kota tersebut sebetulnya punya arti "St Mary's Church in the Hollow of the White Hazel near a Rapid Whirlpool and the Church of St. Tysilio near the Red Cave (Gereja St Mary di kolam hazel putih dekat pusaran air cepat dan Gereja St. Tysilio dekat Goa Merah).

Baca juga: 10 Negara dengan Tingkat Kejahatan Tertinggi di Dunia

Kota populer di Amerika Serikat, Los Angeles yang populer disebut "LA" ternyata juga pernah memiliki nama yang sangat panjang. Nama tersebut diambil dari nama sebuah sungai bernama El Rio de Nuestra Senora Reina de Los Angeles de La Poricuncula. 

Namun, beruntung nama tersebut segera diperpendek dan kini hanya disebut Los Angeles atau lebih singkat lagi, LA.

Nama kota terpanjang di dunia lainnya ada Azpilicuetagaraycosaroyarenberecolarrea di Spanyol, Ateritsiputeritsipuolilautatsijanka di Finlandia, dan Muckanaghederdauhaulia di Galway, Irlandia.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Selain nama kota, ada juga nama landmark yang panjang, misalnya nama sebuah danau di Massachusetts, AS bernama Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg.

Nama danau itu berasal dari Bahasa Algonquin dan punya 45 karakter huruf, termasuk nama benda terpanjang di AS. 

Baca juga: 6 Paspor Paling Mahal di Dunia, Ada yang Lebih dari Rp 10 Juta

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com