Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/07/2022, 15:03 WIB

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat bersama Asosiasi Kelompok Usaha Unitas (Akunitas) menggelar pameran Karya Kreatif Mabar Bangkit 2022 di teras kuliner Kampung Ujung Labuan Bajo, pada Selasa, (12/7/2022).

Kegiatan itu akan berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 12 sampai 16 Juli 2022. Pameran melibatkan 50 stan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan berbagai jenis produk lokal yang sudah siap dipasarkan.

"Pengunjung dipastikan akan mendatangi stan UMKM pada pameran Karya Kreatif Mabar Bangkit 2022 di lokasi Kuliner Kampung Ujung Labuan," kata Ketua Asosiasi Kelompok Usaha Unitas (Akunitas) Manggarai Barat Kendi Mayangsari Latubatara dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa.

Baca juga: Hotel Berbintang dan Restoran di Labuan Bajo Wajib Pakai Kopi Flores

Ia menyebutkan, produk-produk yang dipamerkan, antara lain kain wastra, pakaian jadi, kerajinan hingga kuliner.

Pameran Karya Kreatif itu, lanjut dia, mengangkat sisi keindahan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super premium dengan tagar "UMKM kuat, Mabar bangkit, bangsa berdaulat".

"Pameran ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk UMKM di Kabupaten Manggarai Barat dengan target pasar nasional dan internasional," katanya.

Baca juga: Kenaikan Tarif Masuk TN Komodo Tak Akan Menggaggu UMKM di Labuan Bajo

Ia mengungkapkan, Akuntas dan Dinas Koperasi UKM, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi bersama OPD lainnya sepakat untuk mengadakan pameran produk wastra dan turunan wastra.

 Sinar matahari menggurat jingga mewarnai langit Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (18/11/2015). Foto ini diambil dari Paradise Bar di Jalan Binongko, Kampung Ujung, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Pemandangan yang dapat dilihat adalah aktitivitas di Pelabuhan Bajo dan gugusan pulau.Kompas.com/Wahyu Adityo Prodjo Sinar matahari menggurat jingga mewarnai langit Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (18/11/2015). Foto ini diambil dari Paradise Bar di Jalan Binongko, Kampung Ujung, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Pemandangan yang dapat dilihat adalah aktitivitas di Pelabuhan Bajo dan gugusan pulau.

Produk yang dipasarkan mulai dari aksesori perca, mulai dari fesyen tenun dan suvenir, produk makanan dan minuman kemasan yang bisa dijadikan oleh-oleh, hungga seluruh produk UMKM yg memiliki daya tarik dan daya jual yang bagus bagi wisatawan.

"Pameran ini juga dilakukan dalam rangka meningkatkan kreativitas, inovasi dan digitalisasi UKM serta mendorong pemulihan ekonomi kreatif pasca-pandemi Covid-19," sambung dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+