Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempat Bermain Sekaligus Belajar, Pengunjung Antusias Kunjungi Bogor Fruit Garden

Kompas.com - 12/07/2022, 16:31 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Deretan tempat wisata alam di Bogor bertambah satu, namanya Bogor Fruit Garden. Wisata alam berbasis edukasi ini baru mengadakan grand opening pada Jumat (8/7/2022) lalu.

Saat berkunjung pada hari yang sama, Kompas.com berkesempatan berkeliling di area taman seluas kurang lebih 3 hektar ini.

Baca juga: Bogor Fruit Garden, Bisa Belajar Cocok Tanam hingga Bertemu Satwa

Dari gerbang pintu masuk, pengunjung akan melihat hamparan taman kehijauan yang cantik, pemandangan pegunungan, serta berbagai spot foto.

Adapun zona unggulan tempat wisata yang terletak di Pamijahan, Bogor ini adalah taman bunga, tanaman buah dalam pot (tabulampot), dan kawasan tanaman herbal (apotek) yang dapat menjadi sarana belajar maupun bermain bagi pengunjung, khususnya anak-anak.

Pengalaman berkeliling di Bogor Fruit Garden

Dari pintu gerbang masuk, pengunjung bisa langsung melihat panorama taman yang sangat luas dan menjadi satu kawasan tanpa penyekat.

Baca juga: Pilihan Penginapan di Pamijahan Bogor, Guest House Eksekutif Mulai Rp 300.000

Saat grand opening, Kompas.com mencoba naik kereta wisata bersama pemandu wisata untuk berkeliling di area Bogor Fruit Garden.

Taman buah di kawasan Bogor Fruit Garden di Gunung Menyan, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Taman buah di kawasan Bogor Fruit Garden di Gunung Menyan, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat.

Sepanjang jalan, pemandu wisata bernama Hana menjelaskan secara detail informasi mengenai aneka bunga, buah-buahan, dan tanaman herbal.

Jika tidak datang dengan rombongan dan reservasi khusus, pengunjung juga bisa mempelajari sendiri informasi yang tertera pada papan di tiap-tiap bagian kebun.

Beberapa di antaranya ada bunga mawar, bunga tulip, tanaman herbal Salviah Blue, jeruk Dekopon, jambu air Citra Merah, mangga Mahatir, hingga tanaman kayu manis. 

Baca juga: 10 Tempat Wisata Bogor Saat Libur Idul Adha, Bisa Main ke Museum

Setelah sekitar 15 menit mengelilingi area kebun, Kompas.com menuju ke area sebelah kanan dari pintu masuk, untuk menikmati makan siang di Le Gimutis Café.

Kafe ini menawarkan aneka kuliner yang cocok untuk disantap bersama keluarga, seperti salah satunya hidangan ikan nila dan lele yang diproduksi sendiri di kawasan Bogor Fruit Garden. 

Tanaman herbal di kawasan Bogor Fruit Garden di Gunung Menyan, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Tanaman herbal di kawasan Bogor Fruit Garden di Gunung Menyan, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat.

Sambil makan, bisa melihat pemandangan pegunungan yang memanjakan mata. Kemudian, bisa juga berbelanja buah tangan di souvenir shop yang menawarkan beragam merchandise berkonsep buah-buahan.

Baca juga: 10 Tempat Nongkrong di Bogor, Ada Kafe dengan Pemandangan Gunung Salak

Selain menambah wawasan tentang aneka jenis tanaman dan buah, pengunjung dapat memanfaatkan sejumlah spot untuk bersantai maupun foto-foto. Misalnya di tempat bermain anak, di antara ban-ban, ataupun di balon udara bertuliskan "Bogor Fruit Garden". 

Tak hanya itu, pengunjung yang gemar mengeksplorasi hewan bisa bertemu dan berinteraksi dengan ayam kate, ayam mutiara, merpati kipas, kelinci, hingga satwa reptil di mini zoo milik Bogor Fruit Garden.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com