Kompas.com - 12/07/2022, 20:36 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Apakah kamu tengah mencari wisata outbond sekaligus kuliner yang berada di tengah kota? Maka, cobalah kunjungi Taman Budaya Sentul City atau Taman Budaya yang berada di kawasan Sentul City, Bogor. 

Public Relations Taman Budaya Sentul City, Sarah Fadrin menuturkan, keunikan dari Taman Budaya adalah menggabungkan wisata di luar ruangan (outdoor activity), outbond, sekaligus wisata kuliner (cafe hoping), yang mana sangat jarang ditemui. 

Baca juga: Gumati Waterpark, Wahana Kolam Renang di Sentul Bogor untuk Keluarga


Taman Budaya Sentul City BogorDok. tamanbudaya_id Taman Budaya Sentul City Bogor

Uniknya lagi, kafe-kafe yang berada di Taman Budaya mengusung konsep berbeda-beda, mulai dari kuliner Bali, Jepang, Italia, dan nusantara. 

“Kami ingin menjadi tempat wisata kuliner sekaligus ada tempat outbond-nya. Jarang ditemui tempat outbond tapi juga ada wisata kuliner, cafe hoping, kebanyakan wisata kulinernya dalam bentuk food court saja,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (12/7/2022). 

Secara umum, lanjutnya, obyek wisaya yang sudah berdiri sejak 1994 ini, mengusung konsep edutainment center dan wisata kuliner. Sebagai edutainment center, Taman Budaya menyediakan wahana adventure dan outbond untuk anak-anak hingga dewasa, serta wisata budaya. 

Baca juga: 8 Tempat Trekking di Sentul Bogor, Bisa Buat Anak dan Keluarga

Taman Budaya Sentul City Bogor
Taman Budaya Sentul City Bogor

Taman Budaya berdiri di atas lahan seluas enam hektar, dengan kapasitas pengunjung mencapai 3.000 orang. Secara total, Taman Budaya memiliki 21 wahana permainan anak-anak, 12 wahana adventure dan outbond bagi remaja hingga dewasa, dan lebih dari 39 tenant. 

“Taman Budaya dinilai sebagai wisata outbound terbesar di Indonesia pada 2011. Namun, saat ini Taman Budaya diyakini sebagai wisata outbound terbesar se-Jabodetabek,” katanya. 

Baca juga: 11 Wisata Hits di Sentul, Cocok untuk Liburan dan Foto Instagramable

Lokasi tengah kota 

Keunggulan Taman Budaya lainnya adalah lokasinya yang berada di tengah kota, yakni kawasan Sentul City Bogor. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

“Secara geografis Taman Budaya lokasinya di pusat kota Sentul City, jadi kebanyakan pengunjung dari Bogor dan Jakarta yang mau menikmati suasana pegunungan tapi tetap di tengah kota,” tuturnya.

Karena berada dalam kawasan Sentul City, Taman Budaya berdekatan dengan berbagai fasilitas mulai dari pusat perbelanjaan rumah sakit, hingga sekolah dan universitas. Selain itu, Taman Budaya memiliki udara sejuk dan pemandangan indah perbukitan dan Gunung Salak. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.