Kompas.com - 12/07/2022, 22:28 WIB

KOMPAS.com - Nazare, sebuah kota pesisir di Portugal, memiliki ombak terbesar di dunia yang pernah ditaklukkan oleh peselancar dan tercatat di Guinness World Records. 

Dari bulan Oktober hingga Maret, banyak peselancar akan mengunjungi kota ini guna menyaksikan dan mencoba menaklukkan ombak raksasa tersebut. 

Sementara itu, wisatawan umumnya melihat dahsyatnya ombak dari sebuah benteng dengan mercusuar merah di atasnya yang Instagramable.

Baca juga:

Dilansir dari situs web visitportugal.com, ombak-ombak raksasa ini merupakan bentukan Nazare Canyon atau ngarai Nazare, ngarai bawah laut terbesar di Eropa sejauh 170 kilometer (km) dan sedalam 5.000 meter. 

Pada bulan Oktober 2020, seorang peselancar asal Jerman, Sebastian Steudtner, berhasil memecahkan rekor Guinness World Records dengan menaklukkan ombak terbesar di dunia di pesisir Praia do Norte, Nazare. Waktu itu, ia berselancar melewati ombak yang berukuran 26,21 meter. 

Baca juga: 10 Pantai dengan Ombak Tertinggi di Dunia, Incaran Para Peselancar

Ilustrasi pemandangan matahari terbenam di Nazare, Portugal.UNSPLASH/Jan vT Ilustrasi pemandangan matahari terbenam di Nazare, Portugal.

"Rasanya luar biasa. Saya telah meraih banyak hal dalam olahraga ini. Perjalanan saya cukup hebat agar bisa sampai di titik ini dan rekor ini lebih dari sekadar angka," tutur Steudtner, dikutip dari laman Guiness World Records.

Ia melanjutkan, sehari sebelum menaklukkan ombak tersebut, dirinya didera keraguan. 

"Saya belum pernah merasakan energi yang begitu besar dari ombak, saya belum pernah merasa begitu cepat di atas papan selancar," katanya.

Baca juga:

Selain ombak yang besar, Nazare juga terkenal akan gradasi warnanya, dari laut biru, pasir keputihan, hingga atap rumah-rumah warga yang kemerahan. 

Ada pula Sitio sebagai tempat menikmati panorama dari ketinggian, Kapel Ermida da Memoria, dan Museum Dr. Joaquim Manso yang berisi informasi seputar tradisi di Nazare.

Baca juga: Menikmati Ikan Segar sembari Mendengar Deburan Ombak di Lhokseumawe

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.