Kompas.com - 13/07/2022, 15:00 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kunjungan wisatawan ke Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama libur sekolah mencapai 223.258 orang. Angka ini merupakan kunjungan wisatawan dalam dua pekan.

Meski demikian, Dinas Pariwisata Gunungkidul sebetulnya tidak menetapkan target khusus untuk kunjungan wisatawan pada periode tersebut.

"Untuk total Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp1,4 miliar selama libur sekolah kemarin," kata Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Muhammad Arif Aldian saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (13/07/2022).

Baca juga: 5 Wisata Gunungkidul Lantai Dua, Indahnya Alam Perbukitan

Di antara kunjungan selama liburan sekolah, pantai masih menjadi destinasi favorit, disusul dengan desa wisata, seperti Nglanggeran dan Bleberan.

"Untuk desa wisata kunjungan sudah mulai meningkat kembali, setelah sempat sepi selama pandemi," ucapnya.

Arif menyebutkan, beberapa strategi meningkatkan kunjungan wisatawan ke depannya adalah gencar melakukan promosi dan menggandeng pelaku wisata di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Adapun untuk target PAD 2022 yakni sebesar Rp 27 miliar, saat ini capaiannya sudah hampir 50 persen.

Baca juga: Rute ke Stone Park Gunungkidul, Tempat Sunrise di Atas Lautan Awan

Wisatawan diminta waspadai ubur-ubur

Pada bagian lain, pengunjung wisata pantai diimbau untuk kemunculan ubur-ubur yang menyengat.

Pengunjung memadati kawasan wisata, Pantai Kukup, Gunungkidul, DIY, Rabu (4/5/2022).KOMPAS.com/MARKUS YUWONO Pengunjung memadati kawasan wisata, Pantai Kukup, Gunungkidul, DIY, Rabu (4/5/2022).

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Marjono menjelaskan, ubur-ubur biasanya muncul selama Juli sampai pertengahan September.

"Ubur-ubur diketahui sejak Sabtu 9 Juli kemarin dan pengunjung diharapkan tidak panik ketika tersengat. Total sudah ada 16 orang," kata Marjono.

Baca juga: Rute ke Bukit Paralayang Watugupit, Spot Sunset Indah di Gunungkidul

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.