Kompas.com - 13/07/2022, 22:55 WIB

KOMPAS.com - Berlokasi di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Desa Wisata Lonuo (Bukit Arang) memiliki panorama alam dan wisata olahraga (sport tourism) yang sayang jika dilewatkan. 

Bukit Arang, salah satu tempat wisata di desa ini, menawarkan suasana layaknya negeri di atas awan. Wisatawan bisa memandangi lanskap Kota Gorontalo dari ketinggian, kabut, dan pemandangan matahari terbenam (sunset).

Baca juga:

Jika malam tiba, wisatawan bisa menikmati panorama cahaya lampu kota, ditambah taburan bintang, dikutip dari laman jadesta.kemenparekraf.go.id.

Selain menikmati panorama alam, wisatawan juga bisa berkemah di camping ground yang telah disediakan. Ada pula fasilitas air bersih, musala, dan kolam renang di ketinggian 347 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Baca juga: Desa Wisata Bubohu Gorontalo, Andalkan Wisata Religi

Ilustrasi tenda di Desa Wisata Lonuo, Gorontalo.Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ilustrasi tenda di Desa Wisata Lonuo, Gorontalo.

Tidak hanya itu, Bukit Arang juga disebut sebagai tempat paralayang satu-satunya di Gorontalo, sekaligus menjadi lokasi ajang Kejuaraan Nasional Paralayang TROI (Trip of Indonesia).

"Keindahan alam di Desa Wisata Lonuo (Bukit Arang) ini, jika digabung dengan sport tourism, sangat memiliki sensasi sendiri. Ini yang harus kita dorong untuk menjadi daya tarik wisatawan," tutur Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, melalui keterangan resmi yang Kompas.com terima, Rabu (13/7/2022).

Baca juga:

Desa wisata yang terletak di Kecamatan Tilongkabila ini juga memiliki tradisi mopotildo, simbol penghormatan dan doa keselamatan bagi pejabat yang mengunjungi desa tersebut. 

Adapun Desa Wisata Lonuo masuk 50 besar desa wisata terbaik se-Indonesia dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Baca juga: 50 Desa Wisata Terbaik dari Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.