Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Bersolek, Sarinah Dikunjungi 5 Juta Orang dalam 4 Bulan

Kompas.com - 15/07/2022, 08:34 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Pusat Perbelanjaan Sarinah di Jakarta Pusat selesai direnovasi dan dibuka kembali sejak 21 Maret 2022.

Selama empat bulan terakhir sejak dibuka kembali, Sarinah disebut telah dikunjungi sekitar lima juta orang. Sementara rata-rata kunjungan hariannya mencapai 40.000 orang.

Baca juga: 4 Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Sarinah, Belanja dan Foto-foto

“Total pengunjung setelah Sarinah dibuka, selama empat bulan totalnya lima juta pengunjung dari seluruh Indonesia. Total pengunjung per hari 40.000 pengunjung, dan Sarinah menjadi salah satu pusat tujuan yang paling (ingin) dituju di Jakarta," ungkap Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir dalam peresmian Sarinah di Jakarta, seperti dikutip dari Kompas.com (14/07/2022). 

Adapun Presiden Joko Widodo turut meresmikan wajah baru Sarinah tersebut.

Usai bersolek, bangunan bersejarah itu bertransformasi menjadi destinasi yang tampak lebih modern dan memiliki ruang publik lebih luas. Diketahui sekitar 500 UMKM bergabung di dalamnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Selain UMKM, Sarinah juga kerap digunakan untuk kolaborasi para pekerja seni, penyanyi, dan penari.

Menurut Erick, pemerintah akan terus mendorong agar Sarinah juga dibangun di banyak bandara dengan konsep Sarinah Mini.

Baca juga: Berburu Foto di 6 Spot Instagramable Sarinah Jakarta yang Baru Dibuka

Sarinah Mini nantinya akan menghadirkan produk-produk UMKM yang telah melalui kurasi. Sehingga, kualitasnya terjamin dan bisa menjadi produk unggulan untuk mengglobal.

"Kami terus mendorong dan membuka Sarinah Mini di airport-airport sebagai jendela untuk produk UMKM," tuturnya.

Aktivitas di Sarinah

Bagi para pengunjung, banyak dari kelompok muda, Sarinah kerap dijadikan tempat nongkrong atau titik kumpul karena lokasi yang strategis dan memiliki banyak kafe untuk disinggahi.

Pengunjung memotret relief patung yang ada di pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta, Jumat (17/6/2022). Relief patung yang dibuat pada era Presiden Soekarno yang sebelumnya terletak di ruang mesin tersebut, kini kembali menjadi hiasan pusat perbelanjaan itu. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA/WSJ Pengunjung memotret relief patung yang ada di pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta, Jumat (17/6/2022). Relief patung yang dibuat pada era Presiden Soekarno yang sebelumnya terletak di ruang mesin tersebut, kini kembali menjadi hiasan pusat perbelanjaan itu. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.

Setelah memiliki wajah baru, fungsi tersebut rasanya tak berubah. Namun, saat ini banyak pula orang yang datang untuk melakukan aktivitas lainnya, salah satunya berfoto.

Sebab, Gedung Sarinah usai bersolek memang terlihat lebih kekinian dan punya banyak spot cantik, yang oleh anak muda disebut "Instagramable".

Baca juga: Kenangan Berkesan Generasi 90an akan McDonalds Sarinah Thamrin

Dikutip dari Kompas.com, (21/03/2022), beberapa spot foto yang kerap dituju seperti deretan tangga amphitheater, balkon di skydeck, relief patung, museum, dan galeri foto.

Di sana, pengunjung juga bisa belanja produk UMKM dan wisata kuliner.

Tempat makan tersedia mulai dari lantai dasar hingga lantai tiga dengan cakupan hidangan yang cukup beragam, seperti ramen, kopi, burger, roti, dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com