Kompas.com - 15/07/2022, 18:06 WIB

KOMPAS.com - Masyarakat Minangkabau yang tinggal di perantauan dan ingin melepas rindu akan kampung halaman, mungkin bisa berwisata akhir pekan dengan mengunjungi Festival Budaya Luhak Nan Tigo 2022.

Festival akan digelar selama tiga hari berturut-turut, yaitu pada 22-24 Juli 2022, atau hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Acaranya akan dimulai pukul 09.00 sampai 22.00 WIB.

Baca juga: Cerita Malin Kundang dan Tradisi Merantau Laki-laki Minangkabau

Acara besar yang diadakan perkumpulan orang Minangkabau ini kembali hadir di Lapangan Bola Masjid Agung Al-Azhar. Tepatnya di Jalan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Untuk diketahui, festival ini juga menjadi ajang reuni bagi para warga suku Minangkabau. Masyarakat Jakarta yang ingin mengenal budaya Minangkabau juga bisa datang.

Selain itu, terdapat berbagai penampilan kesenian, budaya, dan sajian kuliner khas kota Rendang.

Kesenian dan kuliner di Festival Budaya Luhak Nan Tigo 2022

Selama kegiatan, ada berbagai macam penampilan kesenian khas Minangkabau yang bisa dinikmati pengunjung.

Tari Piring khas Minangkabau, Sumatera Barat DOK. Shutterstock/Farida RidhwanShutterstock/Farida Ridhwan Tari Piring khas Minangkabau, Sumatera Barat DOK. Shutterstock/Farida Ridhwan

Di antaranya adalah Rabab Darek, Dendang Saluang, Salawat Dulang, Randai, Silek Tuo Minang, Tarian 3 Luhak, parade gandang tasa, pawai obor, dan stand up comedy Minang.

Baca juga: Desa Wisata Sungai Batang Sumatera Barat, Tempat Kelahiran Buya Hamka

Selain itu, ada Musikalisasi Minang, teater, talkshow, seminar UMKM Minang, demo masak, permainan tradisional Minangkabau, Karnaval Muda Mudi Minangkabau.

Ada pula Fashion show by designer Minangkabau, pertunjukan musik tradisional Minang, penampilan rapper dan beatbox Minang, opera komedi Minang, hingga lomba lagu pop Minang. 

Selain pertunjukan kesenian, pengunjung juga akan dapat menikmati berbagai sajian kuliner khas Minangkabau.

Baca juga: Nagari Pariangan, Desa dengan Masjid Tua yang Unik di Sumatera Barat

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.