Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute ke Basecamp Pendakian Bukit Mongkrang Tawangmangu

Kompas.com - 15/07/2022, 19:07 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.comBukit Mongkrang di Kecamatan Tawangmangu, Jawa Tengah merupakan salah satu tujuan pendakian yang pas bagi pemula.

Itu karena jalur pendakian Bukit Mongkrang yang cukup mudah dan tidak butuh waktu lama untuk sampai di salah satu puncaknya.

Adapun puncak pertama, yakni Bukit Candi I dan II, menjadi salah satu spot yang paling banyak dikunjungi pendaki Bukit Mongkrang.

Baca juga: Puncak Bukit Mongkrang Tawangmangu yang Sebenarnya, Pernah ke Sana?

Untuk sampai ke sana, butuh waktu sekitar 1 jam berjalan kaki. Sepanjang jalan, pendaki akan disuguhi indahnya panorama alam.

Menghadap ke arah utara, tampak Gunung Lawu yang menjulang tinggi. Setibanya di puncak Bukit Candi, bentang alam sisi barat dengan Gunung Merapi dan Merbabu di ujung kaki langit akan menghiasi kedua mata.

Puncak tertinggi Bukit Mongkrang Tawangmangu.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Puncak tertinggi Bukit Mongkrang Tawangmangu.

Sementara itu di sisi selatan, terlihat puncak Pegunungan Lawu selatan yang lebih tinggi, yakni Puncak Mongkrang dengan padang rumputnya dan Puncak Jobolarangan.

Rute ke Basecamp Pendakian Bukit Mongkrang

Wisatawan yang ingin mendaki Bukit Mongkrang harus mendaftar terlebih dahulu di basecamp pendakian.

Lokasi basecamp pun tidak jauh dari jalan utama Tawangmangu, tepatnya di kawasan Cemara Kandang.

Baca juga: 5 Tips Mendaki Bukit Mongkrang Karanganyar saat Musim Kemarau

Bagi wisatawan yang memulai perjalanan dari arah bawah atau barat, maka cukup ikuti jalan utama Tawangmangu sampai melewati The Lawu Park.

Terus naik ikuti jalan utama menuju Cemara Kandang. Nantinya Bukit Mongkrang akan terlihat di kanan jalan.

Saat tiba di kawasan warung sebelah kanan jalan (Warung Nyawang Mongkrang), belok kanan. Di sini juga sudah ada plang petunjuk arah menuju Bukit Mongkrang.

Masuk di gapura bertuliskan “Dukuh Tlogo Dringo”, lalu belok kanan di pertigaan pertama yang jalannya menurun. Belok kanan di perempatan lalu belok kiri di pertigaan.

Baca juga: Bukit Mongkrang di Karanganyar yang Cocok untuk Pemula

Lurus terus, perjalanan pun akhirnya sampai juga di area parkir Bukit Mongkrang. Usai menitipkan sepeda motor, pendaki harus berjalan singkat sekitar 5 menit sampai basecamp.

Barulah perjalanan mendaki dilakukan usai mengurus registrasi di Basecamp Pendakian Bukit Mongkrang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com