Kompas.com - 16/07/2022, 07:07 WIB

KOMPAS.com - Musim umrah periode berikutnya akan berlangsung tanggal 1 Muharram 1444 Hijriah, atau 1 Agustus 2022.

Masyarakat juga sudah bisa mengajukan visa umrah mulai 15 Juli 2022 dengan melengkapi sejumlah persyaratan melalui PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah).

"Pengajuan visa umrah dilakukan oleh provider visa umrah, yaitu harus Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU). Tidak bisa perorangan," kata Kasubdit Pemantauan dan Pengawasan Umrah dan Haji Khusus, M. Noer Alya Fitra (Nafit), kepada Kompas.com, Jumat (15/7/2022).

Baca juga: Visa Umrah Bisa Diajukan Mulai 15 Juli 2022

Nafit menjelaskan, PPIU ialah biro perjalanan wisata yang telah memiliki ijin dari pemerintah untuk menyelenggarakan umrah.

Syarat yang pengajuan visa umrah 2022

Adapun sejumlah syarat yang harus dilengkapi oleh calon jemaah umrah sesuai ketentuan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, yaitu:

- Formulir aplikasi visa Umrah asli yang telah diisi lengkap. Pernyataan yang tertulis di akhir formulir aplikasi harus dibaca dan ditandatangani dengan cermat.

Untuk mendapatkan formulir aplikasi visa melalui pos, kirim amplop dengan alamat sendiri ke Konsulat Arab Saudi terdekat.

Ilustrasi umrah.SHUTTERSTOCK/AYMAN ZAID Ilustrasi umrah.

- Jika seseorang memiliki nama non-Muslim, ia harus menyerahkan sertifikat dari masjid atau muslim center yang menyatakan bahwa pemohon adalah Muslim.

- Satu foto terbaru, berwarna, ukuran paspor, dengan latar belakang putih harus dilampirkan pada formulir aplikasi. Foto harus berupa tampilan wajah penuh. Pemohon visa menghadap kamera secara langsung. Tampilan samping atau miring tidak diterima.

- Paspor harus berlaku setidaknya 6 bulan sejak tanggal penyerahan formulir aplikasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.