Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merlion, Nama Patung yang Menjadi Ikon Wisata Singapura

Kompas.com - 16/07/2022, 13:08 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Jika berwisata ke Singapura, mungkin rasanya belum lengkap jika tidak mengunjungi atau berfoto dengan latar patung separuh singa separuh ikan yang ikonis.

Nama patung yang menjadi ikon wisata di Singapura adalah Merlion. Patung setinggi 8,6 meter ini salah satunya bisa ditemukan di Merlion Park atau Taman Merlion.

Jika dari Bandara Changi, jaraknya ke Merlion Park hampir 20 kilometer (km) dengan durasi berkendara sekitar 25 menit. Lokasinya tidak jauh dari Marina Bay Sands.

Merlion di Merlion Park didesain oleh Kwan Sai Kheong dan dipahat oleh Lim Nang Seng, dikutip dari laman National Library Board. Patung ini kemudian diresmikan oleh Perdana Menteri Lee Kuan Yew pada 15 September 1972.

Baca juga: 2 Rute Internasional Tambahan di Bandara Ngurah Rai Bali, ada Singapura dan Manila

Dilansir dari laman Visit Singapore, makna patung Merlion adalah awal Singapura yang sederhana lantaran masih berupa desa nelayan bernama Temasek. Nama Temasek bersumber dari bahasa Melayu "tasek" yang berarti danau.

Kepala patung yang berbentuk singa merupakan simbol nama negara Singapura, yang dalam bahasa Melayu yang artinya Kota Singa.

Sementara itu, dikutip dari National Library Board, Merlion didesain pada tahun 1964 untuk Singapore Tourism Board (dulunya Singapore Tourist Promotion Board), sebagai logo khususnya dari tahun 1964 hingga 1997.

Baca juga: Cara Gratis Kunjungi Berbagai Kawasan Wisata Seru di Singapura

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com