Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Raih Peringkat 2 Negara Terbaik untuk Ekspatriat di Dunia

Kompas.com - 16/07/2022, 23:21 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia meraih peringkat kedua negara terbaik untuk ekspatriat berdasarkan survei Expat Insider 2022 yang diselenggarakan oleh InterNations. Ekspatriat adalah orang yang tinggal sementara atau menetap di luar negara asalnya. 

Berdasarkan informasi dari laman resminya, InterNastions merupakan sebuah jaringan ekspatriat global terbesar di dunia, dengan anggota mencapai 4,5 juta orang yang tersebar di 420 kota di seluruh dunia. InterNastions memiliki kantor resmi di Munich, Jerman. 

Mengutip laporan survei Expat Insider 2022, Meksiko merupakan negara terbaik bagi ekspatriat. Meksiko berhasil menggeser posisi Taiwan yang menyandang gelar negara terbaik untuk ekspatriat tahun lalu, berdasarkan Expat Insider 2021. 

Baca juga: 10 Kota Terbaik di Asia Tenggara 2022, Jakarta Nomor Berapa? 

Lanskap kota JakartaShutterstock Lanskap kota Jakarta

Menariknya, tahun ini Indonesia berada di peringkat kedua negara terbaik untuk ekspatriat. Padahal, dalam laporan Expat Insider 2021, Indonesia berada di peringkat 31.   

“Para peringkat negara terbaik (bagi ekspatriat) 2022, ekspatriat sangat menghargai kemudahan menetap dan keuangan mereka,” tulis InterNations dalam laporan Expat Insider 2022, dikutip dari situs resminya, Sabtu (16/7/2022).  

Metode

Sejak 2014, InterNations rutin menggelar survei Expat Insider. Pada survei Expat Insider 2022, sebanyak 11.970 ekspatriat menjadi responden. 

Mereka mewakili 177 kebangsaan, serta tersebsar di 181 negara. Agar sebuah negara masuk dalam daftar peringkat Expat Insider 2022, maka ukuran sampel minimal 50 responden. 

Survei Expat Insider 2022 dilakukan langsung oleh InterNations, mulai 1 hingga 28 Februari 2022. Kuesioner online diberikan melalui jaringan, buletin, dan media sosial InterNations. 

Baca juga: Event Pariwisata Jadi Upaya Menggaet Turis Asing ke Indonesia

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Responden survei mencakup semua jenis ekspatriat, mulai dari karyawan perusahaan multinasional hingga ekspatriat mandiri. Survei Expat Insider 2022 mengukur 56 indikator untuk menentukan negara terbaik bagi ekspatriat. 

Indikator tersebut mencakup hampir setiap aspek pengalaman ekspatriat, mulai dari keuangan, kemudahan menetap, biaya perumahan, biaya hidup, hingga mencari teman lokal. Setiap ekspatriat diminta untuk memberikan penilaian dari setiap indikator pada skala 1-7. 

“Pandangan yang dikumpulkan dalam survei memberikan gambaran seperti apa kehidupan ekspatriat saat ini, dan juga memberikan wawasan tentang negara tempat tinggal ekspatriat di seluruh dunia,” tulis InterNations. 

Baca juga: Bali Jadi Destinasi Wisata Favorit Turis Rusia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com