Kompas.com - 17/07/2022, 19:19 WIB

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta menambah lokasi penyediaan layanan antigen di beberapa stasiun. Sebelumnya, layanan antigen telah tersedia di Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Namun, sebagai bentuk peningkatan layanan serta memudahkan penumpang untuk memenuhi persyaratan perjalanan KA, Daop 1 Jakarta menambah empat lokasi layanan antigen di Stasiun Bekasi, Cikarang, Karawang, dan Cikampek, mulai Minggu (17/7/2022).

Baca juga: Naik Kereta Api Harus Vaksin Booster Mulai Hari Ini, Cek Ketentuannya

Masyarakat, khususnya calon penumpang yang akan melakukan antigen di stasiun wajib menunjukkan bukti transaksi tiket dan membawa kartu identitas seperti KTP.

Adapun layanan antigen di stasiun Gambir dan Pasar Senen memiliki tarif Rp 35.000. Untuk perjalanan KA, bukti antigen berlaku 1x24 jam.

Bagi calon penumpang yang akan melakukan antigen di stasiun pada hari yang sama dengan jadwal keberangkatan kereta, disarankan agar dapat menyediakan waktu.

Baca juga:

"Sebaiknya mengatur waktu keberangkatan menuju stasiun untuk menghindari risiko tertinggal kereta api, mengingat proses antigen membutuhkan waktu," ujar Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam pernyataan yang Kompas.com terima, Minggu.

Lokasi dan jadwal layanan antigen di stasiun Daop 1 Jakarta

Berikut informasi jadwal layanan operasional antigen 6 stasiun area Daop 1 Jakarta

1. Stasiun Gambir

  • Pukul 06.00 - 22.00 WIB

2. Stasiun Pasar Senen

  • Pukul 05.00 - 22.00 WIB

3. Stasiun Bekasi

  • Pukul 08.00 - 18.00 WIB

4. Stasiun Cikarang

  • Pukul 07.00 - 17.00 WIB

5. Stasiun Karawang

  • Pukul 08.00 - 17.00 WIB

6. Stasiun Cikampek

  • Pukul 07.00 - 13.00 WIB, dan
  • Pukul 17.00 - 23.00 WIB

Jika pada saat melakukan pemeriksaan di stasiun penumpang memiliki hasil positif, maka tidak diperkenankan untuk melanjutkan perjalanan.

Selanjutnya, uang tiket akan dikembalikan 100 persen secara tunai dengan proses pengembalian akan dibantu petugas.

Baca juga: Mengalami Pelecehan Saat Naik Kereta, Ini Cara yang Bisa Dilakukan

Selain layanan antigen, terdapat juga layanan vaksin jenis Pfizer dan Sinovac di Stasiun Gambir dan Pasar Senen dengan jam operasional mulai pukul 08.00 sampai dengan 12.00 WIB.

Calon penumpang yang akan melakukan vaksin di stasiun wajib membawa kartu identitas KTP atau Kartu Keluarga bagi anak usia di bawah 17 tahun. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.