Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Hoyak Tabuik di Pariaman Akan Digelar Lagi Akhir Juli 2022

Kompas.com - 18/07/2022, 11:20 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com – Masyarakat atau wisatawan yang mengunjungi Kota Pariaman di Sumatera Barat akan bisa menikmati acara unggulan, yakni Festival Hoyak Tabuik 2022.

Festival rencananya akan digelar selama sekitar dua minggu, yakni dimulai dari 1 Muharram atau Sabtu (30/7/2022) sampai Minggu (14/8/2022).

Selama penyelenggaraan festival, masyarakat atau wisatawan bisa menyaksikan berbagai rangkaian acara.

Baca juga: Nagari Pariangan, Desa dengan Masjid Tua yang Unik di Sumatera Barat

Beberapa di antaranya adalah Maambiak Tanah, Maantam, Maabiak Batang Pisang, Maarak Jari-jari, Maarak Saroban, Tabuik Naiak Pangek, dan Tabuik Dibuang ke Laut.

Akan ada pula penyelenggaraan lomba membuat Tabuk Ketek setinggi 1 sampai 1,5 meter untuk 71 desa dan keluarhan di Pariaman.

Sebagai info, festival tahunan di Kota Pariaman ini pada 2020 dan 2021 tidak diselenggarakan akibat pandemi Covid-19.

Insyaallah tahun ini dilaksanakan (Festival Hoyak Tabuik),” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman Dwi Marhen Yono, dilansir dari Antara, Senin (30/5/2022).

Baca juga: Rute Lengkap ke Masjid Terapung Pantai Carocok Painan Sumatera Barat

Namun, sambung dia, jalannya festival tetap dengan protokol kesehatan karena status pandemi masih belum dicabut.

Dua Tabuik bersiap dibuang ke laut saat puncak Pesona Hoyak Tabuik Piaman, di Pantai Pariaman, Sumatera Barat, Minggu (15/9/2019). Ribuan orang menyaksikan atraksi budaya tahunan itu untuk memperingati Asyura (10 Muharram) 1441 Hijriyah.ANTARA FOTO/IGGOY EL FITRA Dua Tabuik bersiap dibuang ke laut saat puncak Pesona Hoyak Tabuik Piaman, di Pantai Pariaman, Sumatera Barat, Minggu (15/9/2019). Ribuan orang menyaksikan atraksi budaya tahunan itu untuk memperingati Asyura (10 Muharram) 1441 Hijriyah.

Perlu diketahui, festival ini merupakan salah satu dari 77 agenda wisata Kota Pariaman tahun 2022 sebagai upaya mencapai target 2 juta kunjungan wisata tahun ini.

Baca juga: Masjid Raya Sumatera Barat Menang Penghargaan Internasional

Beberapa acara unggulan di Kota Pariaman yang biasa didatangi banyak wisatawan, antara lain adalah Festival Hoyak Tabuik, Silek on The Sea, dan Festival Indang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com