Kompas.com - 18/07/2022, 18:38 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Pemandangan matahari terbenam (sunset) merupakan salah satu atraksi wisata yang diincar pelancong saat ke Kabupaten Bantul, Yogyakarta. 

Agar mendapatkan panorama sunset yang indah, maka lokasi sangat menentukan. Sebab, tidak semua tempat wisata memiliki spot sunset

Berikut rekomendasi delapan tempat terbaik melihat sunset di Bantul. Bahkan, salah satunya pernah didatangi oleh mantan presiden AS, Barack Obama.

Baca juga: Taman Dinosaurus Potorono, Wisata Keluarga Baru di Bantul Yogyakarta

1. Puncak Becici

Puncak Becici berupa kawasan hutan pinus seluas 4,4 hektar. Lokasinya berada di Dusun Gunungcilik, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Berdasarkan informasi dari Bantulpedia Pemerintah Kabupaten Bantul, Puncak Bencici merupakan tempat ideal untuk menikmati sunset. Pengunjung bisa melihat panorama sunset dari bangku kayu, ayunan, gardu pandang, dan gazebo. 

Baca juga: Ini Keindahan Puncak Becici, Lokasi yang Diminati Obama

Mantan Presiden AS Barack Obama berjalan santai di Puncak Becici, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.KOMPAS.com/Markus Yuwono Mantan Presiden AS Barack Obama berjalan santai di Puncak Becici, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

Untuk mencapai puncak, wisatawan harus mendaki sekitar 300 meter dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. Dari lokasi ini, pengunjung bisa menikmati keindahan Candi Prambanan dan gugusan laut selatan. 

Keindahan panorama tersebut berpadu dengan gesekan daun pinus. Puncak Becici sempat menjadi buah bibir usai kunjungan mantan Presiden AS, Barack Obama ke obyek wisata ini. 

2. Pinus Pengger

Satu lagi obyek wisata di Bantul yang menawarkan pemandangan sunset dari hutan pinus adalah Pinus Pengger. Lokasinya berada di Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Baca juga: Menikmati Keindahan Malam di Wisata Hits Jogja, Pinus Pengger 

Pesona keindahan malam yang tersaji di Pinus Pengger.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pesona keindahan malam yang tersaji di Pinus Pengger.

Hutan Pinus Pengger memiliki sejumlah spot foto berlatar belakang hutan pinus dan pemandangan kota. Misalnya, spot foto berbentuk tangan raksasa dan rumah khas suku Indian.

Selain panorama sunset, kamu bisa melihat kerlap-kerlip lampu yang menghiasi kota dari ketinggian. Pastikan kamu mengabadikan momen berfoto dengan latar belakang cahaya lampu tersebut.

3. Watu Goyang 

Watu Goyang merupakan obyek wisata yang berada di dataran tinggi, sehingga pengunjung bisa menikmati panorama sunset

Mengutip situs Visiting Jogja Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, asal nama Watu Goyang lantaran di puncak kawasan ini dulunya terdapat bongkahan batu. 

Apabila disentuh atau didorong, maka batu tersebut bisa bergoyang. Agar wisatawan bisa menikmati panorama sunset, maka pihak pengelola menyediakan beberapa gardu pandang pada lokasi yang berbeda. 

Baca juga: Watu Goyang, Tempat Menikmati Keindahan Senja di Yogyakarta

Seorang pengunjung berfoto dengan latar belakang matahari terbanam di Watu Goyang, Bantul, Yogyakarta.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Seorang pengunjung berfoto dengan latar belakang matahari terbanam di Watu Goyang, Bantul, Yogyakarta.

Mengutip Kompas.com (27/8/2019), panorama sunset tampak jelas dari lokasi Watu Goyang lantaran obyek wisata ini berada di lereng bukit sebelah barat, sehingga cakrawala barat tampak jelas tanpa terhalang sesuatu.

Hamparan dataran rendah, mulai dari Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, hingga Pegunungan Menoreh terlihat dengan jelas dari Watu Goyang. Lokasi Watu Goyang berada di Dusun Giriloyo, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. 

4. Jurang Tembelan 

Seperti namanya, obyek wisata  ini berada di bibir jurang. Meski demikian, Jurang Tembelan bukanlah tempat wisata yang ekstrem. 

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (25/1/2019), Jurang Tembelan menyediakan banyak spot foto Instagramable. Salah satu spot favorit wisatawan adalah replika perahu yang terbuat dari bambu. 

Baca juga: Sensasi Naik Perahu Awan di Jurang Tembelan Yogyakarta

Perahu awan di Jurang Tembelan, Yogyakarta.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Perahu awan di Jurang Tembelan, Yogyakarta.

Berada di ketinggian, Jurang Tembelan menyajikan panorama indah. Dari lokasi ini, wisatawan bisa melihat Pegunungan Sewu dan Sungai Oyo yang berkelok-kelok membelah daratan.

Tak ketinggalan, Jurang Tembelan menjadi salah satu tempat terbaik melihat sunset di Bantul. Perpaduan antara spot foto dengan keindahan panorama itu menjadikan Jurang Tembelan semakin unik dan menarik. 

Lokasinya berada di Dusun Kanigoro, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.