Kompas.com - 18/07/2022, 19:58 WIB

KOMPAS.com - Harga tiket pesawat disebut naik menjelang puncak perhelatan G20 di Bali sekitar bulan November 2022. Subsidi silang pun diusulkan untuk menyiasati masalah tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat Weekly Press Briefing yang digelar hybrid, Senin (18/7/2022).

Baca juga: 4 Tips Agar Harga Tiket Pesawat Murah, Pesan Hari Senin

Selain menambah supply penerbangan, ia mengatakan bahwa salah satu usulan solusi yang dibahas adalah mengenai mekanisme subsidi silang.

"Termasuk juga pembahasan kemungkinan subsidi silang yang melibatkan para penyelenggara event-event (acara) besar ini, agar wisatawan tetap bisa berwisata ke Bali dan destinasi wisata lainnya dengan harga penerbangan yang terjangkau," ujar dia.

Baca juga: 4 Cara Pemerintah Atasi Tiket Pesawat Mahal, Ada Diversifikasi Energi

Adapun untuk mekanismenya, lanjutnya, bukan dibebankan kepada pelaku industri penerbangan.

Hal ini karena, menurutnya, selama dua tahun pandemi ini, industri penerbangan masih dalam posisi sulit dan menghadapi banyak tantangan. 

Mekanisme usulan subsidi silang untuk siasati mahalnya tiket pesawat

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Menurutnya, mekanisme subsidi silang ini dapat melibatkan pengelola event, terutama event organizer (penyelenggara acara) konferensi maupun agenda-agenda berskala internasional yang banyak digelar. 

Skema ini, ia katakan, dapat berupa penjualan paket-paket wisata yang di dalamnya mencakup kegiatan tertentu, destinasi wisata, penyelenggara event, dan fasilitas lainnya.

"Subsidi silangnya itu di-lead (dijalani) oleh event organizer yang sedang merancang beberapa kegiatan untuk mem-bundling (menggabungkan) kegiatan-kegiatan pariwisata itu dalam satu (paket wisata). Sehingga cross subsidi terjadi antara total biaya keseluruhan," terang Sandiaga.

Baca juga: Awas! Teliti 4 Hal Ini agar Terhindar dari Penipuan Tiket Pesawat Murah

Ia menilai, ada berbagai kegiatan yang mungkin bisa menambah nilai makna dan pengalaman bagi peserta konferensi sekaligus wisatawan yang datang. Misalnya menanam pohon atau menghitung jejak karbon.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.