Kompas.com - 18/07/2022, 20:48 WIB


KOMPAS.com - Membawa mata uang yang digunakan satu negara adalah salah satu hal utama yang perlu diperhatikan saat pergi ke negeri orang.

Ketika melancong ke Eropa, kita bisa hanya membawa mata uang euro karena banyak negara anggota Uni Eropa menggunakan mata uang tersebut.

Baca juga: Bandara di Eropa Membeludak Saat Libur Musim Panas, Banyak Penerbangan Dibatalkan

Terbaru, Kroasia resmi bakal menggunakan mata uang euro per 1 Januari 2023. Kroasia bergabung dengan 19 anggota Uni Eropa lain yang sudah menggunakan euro.

"Proses di Dewan sudah lengkap, yang memungkinkan Kroasia menjadi anggota zona euro dan mendapatkan keuntungan menggunakan mata uang Uni Eropa, euro, mulai tahun depan (1 Januari 2023)," dikutip dari keterangan tertulis Dewan Uni Eropa dan Dewan Eropa, Senin (18/07/2022).

Adapun 1 kuna Kroasia setara dengan 0,13 euro. Dikutip dari Euronews, untuk mengadopsi mata uang euro, sebuah negara harus memenuhi serangkaian kondisi ekonomi tertentu, termasuk memiliki nilai mata uang yang stabil dan inflasi yang rendah.

Baca juga: 10 Pantai Terindah di Eropa 2022, Ada yang Berpasir Keemasan

Artinya, ke depannya warga dari negara zona euro tak perlu lagi menukarkan mata uang jika hendak pergi ke Kroasia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Dengan keputusan ini, mulai tahun depan hanya ada tujuh negara Uni Eropa yang masih menggunakan mata uangnya sendiri. Berikut tujuh negara Uni Eropa yang belum menggunakan mata uang euro:

  • Bulgaria

Negara dengan banyak monumen bersejarah ini masih menggunakan mata uang lev hingga saat ini. Namun, Bulgaria pernah mengungkapkan keinginan beralih ke euro jika sudah memenuhi persyaratan.

  • Republik Ceko

Hingga saat ini, Ceko masih menggunakan mata uang lokal, yakni koruna.

Dikutip Euractiv, (27/06/2022), Perdana Menteri Petr Fiala mengatakan, Ceko belum akan mengadopsi mata uang euro dalam waktu dekat.

Baca juga: Resmi! Aplikasi PeduliLindungi Bisa Dipakai di 27 Negara Uni Eropa

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.