Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/07/2022, 21:39 WIB

KOMPAS.com - Ramainya anak-anak muda di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, atau dijuluki Citayam Fashion Week, mendapat tanggapan positif dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Ia menyampaikan, dirinya mendapat laporan bahwa Citayam Fashion Week dapat meningkatkan omzet para UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) khususnya di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Dukuh Atas, Jakarta Pusat.

Baca juga: Ramai Soal Remaja Citayam Nongkrong di Sudirman, Ada Apa Saja di Sana?

"Saya mendapat laporan, para UMKM yang ada di sekitar daerah Citayam Fashion Week itu meningkat sampai dua kali lipat (dari) penjual kopi keliling sampai penjual makanan kering," ujarnya dalam Weekly Press Briefing secara hybrid, Senin (18/7/2022).

Ia mengakui bahwa kegiatan anak-anak muda SCBD (sebutan untuk Sudirman, Citayam, Bojong Gede, dan Depok) ini memiliki dampak cukup positif terhadap ekonomi setempat, salah satunya bagi pelaku usaha lokal.

Baca juga: Ramai Fenomena Citayam Fashion Week, Ini Penjelasan Sosiolog

Pesan dan harapan ke depannya

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Namun, ia juga berpesan agar anak muda yang beramai-ramai hadir di Citayam Fashion Week untuk bisa tetap menjaga ketertiban umum dan tidak melanggar aturan.

"Saya titipkan pesan jangan sampai nyampah, jangan sampai membuat onar, kalau bisa tidak merokok," pesannya.

Lebih lanjut, ia berharap agar tren semacam ini juga bisa diikuti oleh daerah-daerah lainnya.

Baca juga: Saat Citayam Fashion Week Jadi Magnet bagi Model Profesional...

"Kita harapkan ini akan terus dan bukan hanya di satu daerah di Dukuh Atas, tapi bisa juga menyentuh daerah lain di kota-kota besar indonesia lainnya, juga ikut merangkul para remaja di desa-desa wisata atau desa-desa kreatif lainnya," tutur dia. 

Hal ini karena, menurutnya, adanya kemungkinan munculnya konektivitas antara masyarakat di rural area (pedesaan) dan di urban area (perkotaan), sehingga jarak atau ketimpangan bisa teratasi. 

"Sehingga yang dikhawatirkan adanya gap (jarak) dari segi rural-urban atau pedesaan dan perkotaan ini semakin terjembatani oleh aktivitas dari para anak-anak muda, generasi muda kita yang sangat menginspirasi," pungkasnya.

Baca juga: 4 Fakta Harajuku, Dibandingkan dengan Citayam Fashion Week 

Untuk diketahui, aksi para anak-anak muda yang rata-rata berasal dari Citayam, Bojong Gede, Depok, dan sekitarnya ini tengah menjadi sorotan. Salah satunya karena mereka berjalan bak model di kawasan Jalan Jenderal Sudirman.

Foto dan video mereka, yang berlomba-lomba mengenakan pakaian trendi dan kemudian terlibat dalam ajang Citayem Fashion Week, tersebar luas di media sosial lalu mendapat beragam komentar dari warga net.

Baca juga: Itinerary Sehari di Kawasan Sudirman Jakarta, Mampir Terowongan Kendal

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+