Kompas.com - 18/07/2022, 23:29 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Stasiun Solo Balapan atau lebih dikenal sebagai Stasiun Balapan merupakan salah satu stasiun di Kota Surakarta atau Kota Solo. Lokasinya berada di Jalan Wolter Monginsidi Nomor 112, Kestalan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo.

Ada sejumlah kafe dekat Stasiun Balapan. Jadi, bagi pengunjung dari luar kota yang baru tiba di Stasiun Balapan, dapat istirahat sejenak di kafe tersebut. 

Sebaliknya, jika kamu hendak bepergian dari Stasiun Balapan, kamu bisa nongkrong di kafe dekat Stasiun Balapan jika jadwal keberangkatan kereta api masih lama. 

Baca juga: Apa Perbedaan Solo dan Surakarta? Berikut Penjelasannya

 

Berikut rekomendasi kafe dekat Stasiun Balapan seperti dirangkum Kompas.com. Beberapa dapat dijangkau dengan berjalan kaki. 

1. Stasiun Kopi Balapan

Nama Stasiun Kopi Balapan, lantaran lokasi kafe hanya berjarak 150 meter dari pintu keluar stasiun.  

Mengutip dari Antara (12/3/2022), pengunjung hanya perlu berjalan kaki sekitar lima menit ke arah timur dari pintu keluar Stasiun Balapan. Lokasinya persis di tepi jalan, tepatnya di Jalan Monginsidi No.77 Setabelan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo. 

Ilustrasi kopiPEXELS/PORAPAK APICHODILOK Ilustrasi kopi

Berdasarkan informasi dari Instagram @stasiunkopibalapan pengunjung bisa menikmati aneka kopi, antara lain espresso, kopi susu, latte, machiato, dan lainnya. Adapula pilihan minuman non kopi seperti coklat, smoothies, milkshake, aneka teh, dan lainnya. 

Sementara itu, menu di kafe ini cukup beragam antara lain nasi goreng, rice bowl, pasta, pizza, sop iga, steak, kwetiaw, aneka camilan, dan lainnya. 

Baca juga: Semboyan dan Slogan Kota Solo Beserta Makna dan Artinya

 

2. Selat Vien’s

Jika berkunjung ke Solo, kamu tak boleh melewatkan salah satu makanan khas Solo, yaitu selat. Salah satu selat yang terkenal adalah Selat Vien’s.

Mengutip situs Selat Vien’s, warung makan ini memiliki delapan outlet. Sementara, Selat Vien’s pusat berada di Jalan Hasanudin Nomor 99 D/E, Punggawan, Banjarsari, Kota Solo. Jaraknya dari Stasiun Balapan sekittar 650 meter, atau hanya dua menit dengan berkendara dan delapan menit berjalan kaki. 

Selat Solo di Selat Vien'sDok. https://selatviens.co.id/ Selat Solo di Selat Vien's

Meskipun bukan kafe, namun warung makan ini patut dipertimbangkan. Untuk diketahui, selat Solo berisi telur rebus, daging cacah, kentang goreng dan berbagai sayuran, kemudian disiram dengan kuah rempah yang gurih dan manis.

Baca juga: Jejak Eropa di Balai Kota Solo, Ada Bunker Belanda dari Tahun 1941

Selain menu andalan selat Solo, warung makan ini memiliki aneka menu lainnya seperti sup matahari, soto, gado-gado, sup galantin, bubur ayam, dan nasi timlo. 

3. Tiga Tjeret Cafe

Ilustrasi menu makanan ringan di Tiga Tjeret Cafe, Solo. SHUTTERSTOCK/HW PHOTOWORK Ilustrasi menu makanan ringan di Tiga Tjeret Cafe, Solo.

Tiga Tjeret Cafe merupakan kafe yang menyajikan menu makanan angkringan. Para pengunjung bisa menikmati aneka sajian khas angkringan seperti nasi kucing, aneka sate, gorengan, dan sebagainya. 

Mengutip Kompas.com (27/12/2020), desain kafe mengusung konsep tradisional Jawa, lengkap dengan pernak-perniknya. Lokasi kafe berada di depan Pura Mangkunegaran, tepatnya di  Jalan Ronggowarsito Nomor 97, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Solo. 

Jaraknya dari Stasiun Balapan sekitar 1,8 kilometer, dengan waktu tempuh lima menit menggunakan kendaraan. 

Baca juga: 10 Wisata Solo Dekat Stasiun Balapan, Banyak Bangunan Bersejarah

4. The Hidden Swargi Coffee Roastery  

Ingin menunggu jadwal keberangkatan kereta api sambil ngopi? Maka cobalah datang ke The Hidden Swargi Coffee Roastery. 

Bangunan utama kafe berupa rumah Joglo. Namun, dipadukan dengan konsep industrial dengan bangku taman dari semen, sehingga kafe ini tampak modern. 

Berdasarkan informasi dari Instagram @thehiddenswargi.coffee, aneka kopi yang tersedia antara lain espresso, latte, manual brew, hingga racikan asli The Hidden Swargi Coffee Roastery. 

Baca juga: 4 Jajanan Pasar Murah dan Legendaris di Solo, Enak tapi Jarang yang Tahu

Sambil menikmati segelas kopi, kamu bica mencicipi aneka makanan antara lain french fries, pasta, aneka dessert, dan sebagainya. 

Kedai kopi ini berada di Jalan Jageran Nomor 1, Ketelan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo. Jaraknya dari Stasiun Balapan sekitar satu kilometer, dengan waktu tempuh tiga menit menggunakan kendaraan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.