Kompas.com - 19/07/2022, 17:37 WIB

KOMPAS.com - Setiap wisatawan di Sumatera Barat akan menghabiskan atau belanja minimal hingga Rp 1,2 juta per kunjungan, menurut Dinas Pariwisata Sumatera Barat.

"Angka ini didapat dari hasil kajian yang dilakukan oleh LPM IPB, artinya pariwisata berperan besar dalam meningkatkan pendapatan asli daerah dan perekonomian masyarakat," ujar Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat, Luhur Budianda, dikutip dari Antara, Selasa (19/7/2022).

Baca juga:

Pada periode mudik Lebaran 2022, dari H+1 hingga H+6, tercatat jumlah wisatawan di tempat wisata berbayar di provinsi tersebut mencapai lebih dari 1,2 juta orang.

Jumlah tersebut belum termasuk wisatawan yang mengunjungi tempat wisata gratis.

"Artinya jika dikalikan jumlah pengunjung obyek wisata dengan uang yang dihabiskan untuk berbelanja, maka uang yang beredar lebih dari Rp 1,5 triliun," lanjutnya.

Baca juga: Masjid Raya Sumatera Barat Menang Penghargaan Internasional

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Berdasarkan angka itu, menurutnya, pariwisata berdampak cukup signifikan terhadap ekonomi dan masyarakat. 

Pada saat yang sama, ia juga menilai tambang batubara Ombilin Sawahlunto akan berdampak terhadap perekonomian masyarakat setempat.

Baca juga:

Hal ini, lanjutnya, karena tambang batubara tersebut berhubungan dengan tujuh kabupaten dan kota, yakni Kota Sawahlunto, Kota Padang, Kota Padang Panjang, Kota Solok, Kabupaten Solok, Kabupaten Tanah Datar, dan Padang Pariaman. 

Baca juga: Desa Wisata Sungai Batang Sumatera Barat, Tempat Kelahiran Buya Hamka

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.