Kompas.com - 19/07/2022, 19:41 WIB

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat adanya volume penumpang sebanyak 119,8 juta orang pada semester pertama tahun 2022.

Angka tersebut mengalami peningkatan sebesar 42 persen dibanding periode yang sama pada tahun 2021, dengan 84,1 juta orang.

Adapun volume penumpang pada semester pertama tahun ini didominasi oleh penumpang KRL (kereta rel listrik) di wilayah Jabodetabek, yang mana jumlahnya mencapai 89,9 juta orang.

Baca juga:

Kenaikan ini ditunjang oleh sejumlah hal, antara lain meredanya pandemi Covid-19, tingkat vaksinasi yang kian membaik, dan relaksasi syarat perjalanan pada awal tahun 2022.

“Kinerja angkutan penumpang KAI grup pada semester I 2022 mengalami recovery (pemulihan) yang signifikan. Tren positif ini menunjukkan mulai meningkatnya mobilitas masyarakat terhadap angkutan kereta api,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, dalam keterangan resmi yang Kompas.com terima, Selasa (19/7/2022).

Baca juga: Perbedaan Kelas Kereta Api dan Fasilitasnya, Cek Sebelum Beli Tiket  

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Pada semester pertama tahun 2022, KAI kembali menyelenggarakan Angkutan Lebaran yang sempat terhenti sementara selama dua tahun akibat pandemi. 

Volume penumpang pada masa Angkutan Lebaran 2022 mencapai 4,39 juta orang.

Baca juga: Demi Keselamatan, Ingat Hal Ini Saat Lintasi Rel Kereta Api

Jumlah tersebut mendekati volume pada periode yang sama tahun 2019 dengan 6,84 juta orang.

Adapun periode Angkutan Lebaran diselenggarakan selama 22 hari, mulai 22 April hingga 13 Mei 2022.

Baca juga: Mengapa Jokowi dan Pemimpin Negara Naik Kereta ke Ukraina?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.