Kompas.com - 19/07/2022, 22:20 WIB

KOMPAS.com - Naik kapal pesiar menjadi salah satu jenis wisata yang bisa dinikmati berbagai kalangan, termasuk wisatawan yang ingin merasakan pengalaman baru sembari mengarungi lautan.

Namun, bagaimana nasib kapal pesiar yang sudah tidak berlayar atau dipakai lagi? 

Dilansir dari rd.com, umumnya kapal pesiar didesain agar bisa beroperasi selama kira-kira 30 tahun. Jika kapal tersebut sudah tidak bisa berlayar dengan baik atau waktunya untuk pensiun, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Baca juga:

Salah satunya adalah menjualnya ke perusahaan lain agar bisa berlayar kembali selama kurun waktu tertentu.

"Dalam beberapa kasus, kapal yang sudah pensiun mungkin bisa memiliki kesempatan kedua dan dijual ke perusahaan lain," kata Pemimpin Redaksi Cruise Critic, Colleen McDaniel, dikutip dari rd.com.

Kendati demikian, lanjutnya, ada juga kapal pesiar yang akan dilabuhkan ke galangan kapal, lalu dipreteli agar beberapa bagian yang masih bernilai bisa dijual.

Baca juga: Indonesia Akan Launching Wisata Kapal Pesiar, Juli 2022

Ilustrasi hotel apung The Queen Mary di Amerika Serikat.Dok. UNSPLASH/Bradley Pisney Ilustrasi hotel apung The Queen Mary di Amerika Serikat.

Umumnya kapal-kapal tersebut akan berakhir di sejumlah lokasi, antara lain di Gadani, Pakistan, atau Alang, India. Di kedua tempat itulah para kapal akan dibongkar.

Setibanya kapal pesiar di tempat itu, seluruh isinya akan dikeluarkan mulai dari chandelier (lampu) hingga toilet, dilansir dari cnn.com

Sementara itu, furnitur dan lampu lainnya biasanya akan dijual kembali di kawasan yang sama.

Baca juga:

Proses setelahnya adalah membongkar bagian atas di geladak kapal. Beberapa besinya akan dicairkan, lalu kemudian dipakai untuk bangunan.

Tentunya tidak semua kapal akan berakhir demikian. Ada juga kapal pesiar yang disulap menjadi tempat wisata, misalnya The Queen Mary.

Kapal pesiar yang pensiun pada tahun 1967 ini beralih fungsi menjadi hotel apung, tempat penyelenggaraan acara, dan tempat wisata yang ikonis di Amerika Serikat. 

Baca juga: Atraksi di Kapal Pesiar Mewah Cruise Spectrum of The Seas yang Siap Berlayar di Singapura

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.