Kompas.com - 20/07/2022, 11:20 WIB

KOMPAS.com - Inggris mencapai rekor suhu terpanas pada Selasa (19/07/2022) akibat gelombang panas yang mendera Eropa.

Dikutip dari AP, Kantor Meteorologi Inggris (Met) mencatat suhu sementara mencapai 40,3 derajat celsius di Coningsby, Inggris timur. Sebelumnya, suhu tertinggi yang tercatat adalah 38,7 derajat Celicus pada 2019.

Baca juga: Gelombang Panas di Jepang Cetak Rekor, Suhu Capai 40 Derajat Celcius

Kepala ilmuwan Kantor Met, Stephen Belcher, mengatakan, suhu tersebut hampir tidak mungkin tanpa perubahan iklim yang didorong oleh manusia.

Belcher mengingatkan, kondisi seperti ini bisa saja terjadi setiap tiga tahun jika tidak ditanggapi dengan tindakan serius terhadap emisi karbon.

Adapun cuaca ekstrem ini telah mengganggu banyak aktivitas masyarakat, seperti perjalanan, perawatan kesehatan, dan sekolah.

Apalagi, masih banyak rumah, usaha-usaha kecil dan menengah, dan bahkan gedung publik termasuk rumah sakit, di Inggris yang tidak memiliki pendingin ruangan. Hal itu cukup menggambarkan bahwa suhu panas ekstrem tak lazim terjadi di negara yang biasa mengalami hujan dan suhu ringan.

Baca juga: Bandara di Eropa Membeludak Saat Libur Musim Panas, Banyak Penerbangan Dibatalkan

Panas yang terjadi sejak Senin tersebut juga merusak landasan pacu di Bandara Luton London sehingga terpaksa ditutup selama beberapa jam. Beberapa stasiun kereta api besar juga ditutup atau hampir kosong karena banyak kereta dibatalkan atau berjalan hanya dengan kecepatan rendah akibat khawatir relnya tertekuk.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Penjualan kipas angin di retailer Asda juga meningkat hingga 1.300 persen. Kipas angin listrik mendinginkan para pasukan Kavaleri Rumah Tangga (Household Cavalery) yang tengah berjaga karena mereka menggunakan seragam upacara berat dan lengkap. Durasi upacara pergantian penjaga di Istana Buckingham juga dipersingkat.

Hyde Park yang biasanya ramai dengan para pejalan kaki, kini sangat sepi kecuali antrean panjang untuk berenang di Danau Serpentine.

Baca juga: 6 Aktivitas Liburan Musim Panas di Inggris, Santai di Rooftop Bar

Suhu ekstrem ini terjadi di sebagian besar Inggris, mulai dari London di selatan hingga Manchester dan Leeds di utara.

Peringatan "merah" untuk panas ekstrem tetap ada, yang artinya bahaya kematian akibat panas, bahkan untuk orang sehat, tetap ada.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.