Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huta Siallagan, Tempat Wisata di Samosir yang Dikunjungi Delegasi W20

Kompas.com - 20/07/2022, 19:53 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Para delegasi perhelatan internasional Women20 atau W20 Summit mengunjungi tempat wisata Huta Siallagan di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, pada Rabu (20/7/2022).

Di tempat wisata tersebut, mereka disambut salah satunya oleh Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, dijelaskan mengenai sejarah Huta Siallagan, dan diajari tarian daerah.

Dilansir dari Antara, Rabu, Huta Siallagan berada di Desa Ambarita, Kecamatan Simanindo. Salah satu latar ikonis di tempat wisata peninggalan batak toba ini adalah rumah bolon.

Baca juga:

Sebelumnya tempat wisata ini pernah direvitalisasi, lalu diresmikan kembali oleh Presiden Joko Widodo pada bulan Februari 2022. 

Adapun nama Huta Siallagan berasal dari dua kata, yaitu "huta" dan "Siallagan". Dikutip dari indonesia.travel, huta artinya desa atau permukiman, sehingga secara keseluruhan Huta Siallagan berarti Desa Siallagan.

Di tengah tempat ini, wisatawan bisa menemukan meja dan kursi batu bernama Batu Persidangan yang berusia ratusan tahun. 

Terdapat dua kelompok Batu Persidangan, yang pertama dijadikan sebagai tempat pertemuan resmi, sedangkan yang kedua dijadikan sebagai situs eksekusi.

Baca juga: 9 Tempat Wisata Samosir, dari Perbukitan hingga Desa

W20, engagement group G20 yang mewakili suara perempuan

Delegasi W20 mengunjungi Objek wisata Huta Sialagan di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, pada Rabu (20/7/2022).Dok. ANTARA/Juraidi Delegasi W20 mengunjungi Objek wisata Huta Sialagan di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, pada Rabu (20/7/2022).

Sebagai informasi, Indonesia menjadi presidensi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 dengan puncaknya sekitar bulan Oktober atau November 2022 di Bali. 

Chair of W20 Indonesia, Hadriani Uli Silalahi, mengatakan bahwa W20 adalah engagement group dalam G20 yang mewakili suara perempuan. 

Baca juga: Itinerary Wisata Samosir 2 Hari 1 Malam, Nikmati Panorama Danau Toba

"Di bawah koordinasi W20, Indonesia dalam froum G20 membawa isu penting mengenai peran perempuan, khususnya di masa krisis pandemi, ekonomi, dan perubahan iklim," ujarnya, dikutip dari Antara.

Perhelatan W20 Summit diselenggarakan di Danau Toba. Terdapat 56 peserta pertemuan tersebut yang berasal dari sejumlah negara, termasuk Rusia, Italia, Singapura, Afrika Selatan, Jerman, dan Amerika Serikat. 

Baca juga: Itinerary Jalan-jalan ke Samosir 3 Hari 2 Malam

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com