Kompas.com - 20/07/2022, 19:53 WIB

KOMPAS.com - Para delegasi perhelatan internasional Women20 atau W20 Summit mengunjungi tempat wisata Huta Siallagan di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, pada Rabu (20/7/2022).

Di tempat wisata tersebut, mereka disambut salah satunya oleh Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, dijelaskan mengenai sejarah Huta Siallagan, dan diajari tarian daerah.

Dilansir dari Antara, Rabu, Huta Siallagan berada di Desa Ambarita, Kecamatan Simanindo. Salah satu latar ikonis di tempat wisata peninggalan batak toba ini adalah rumah bolon.

Baca juga:

Sebelumnya tempat wisata ini pernah direvitalisasi, lalu diresmikan kembali oleh Presiden Joko Widodo pada bulan Februari 2022. 

Adapun nama Huta Siallagan berasal dari dua kata, yaitu "huta" dan "Siallagan". Dikutip dari indonesia.travel, huta artinya desa atau permukiman, sehingga secara keseluruhan Huta Siallagan berarti Desa Siallagan.

Di tengah tempat ini, wisatawan bisa menemukan meja dan kursi batu bernama Batu Persidangan yang berusia ratusan tahun. 

Terdapat dua kelompok Batu Persidangan, yang pertama dijadikan sebagai tempat pertemuan resmi, sedangkan yang kedua dijadikan sebagai situs eksekusi.

Baca juga: 9 Tempat Wisata Samosir, dari Perbukitan hingga Desa

W20, engagement group G20 yang mewakili suara perempuan

Delegasi W20 mengunjungi Objek wisata Huta Sialagan di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, pada Rabu (20/7/2022).Dok. ANTARA/Juraidi Delegasi W20 mengunjungi Objek wisata Huta Sialagan di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, pada Rabu (20/7/2022).

Sebagai informasi, Indonesia menjadi presidensi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 dengan puncaknya sekitar bulan Oktober atau November 2022 di Bali. 

Chair of W20 Indonesia, Hadriani Uli Silalahi, mengatakan bahwa W20 adalah engagement group dalam G20 yang mewakili suara perempuan. 

Baca juga: Itinerary Wisata Samosir 2 Hari 1 Malam, Nikmati Panorama Danau Toba

"Di bawah koordinasi W20, Indonesia dalam froum G20 membawa isu penting mengenai peran perempuan, khususnya di masa krisis pandemi, ekonomi, dan perubahan iklim," ujarnya, dikutip dari Antara.

Perhelatan W20 Summit diselenggarakan di Danau Toba. Terdapat 56 peserta pertemuan tersebut yang berasal dari sejumlah negara, termasuk Rusia, Italia, Singapura, Afrika Selatan, Jerman, dan Amerika Serikat. 

Baca juga: Itinerary Jalan-jalan ke Samosir 3 Hari 2 Malam

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.