Kompas.com - 21/07/2022, 17:26 WIB

KOMPAS.com - Sebuah pertunjukan Reog Ponorogo sederhana digelar di Bandara Internasional Juanda Surabaya, Kamis (21/07/2022) pagi.

Rupanya, pertunjukan tersebut dihadirkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur yang berkolaborasi bersama pihak bandara.

Baca juga: 8 Tempat Wisata Dekat Stasiun Gubeng Surabaya

Selain untuk semakin mengenalkan seni Reog Ponorogo, pertunjukan tersebut juga untuk mempromosikan kegiatan Grebeg Suro yang digelar bertepatan dengan ulang tahun Kabupaten Ponorogo.

"Hari ini, berkat kerjasama yang apik dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jatim, kami dapat menggelar pertunjukan Reog yang juga menandai dukungan kami untuk promosi rangkaian kegiatan Grebeg Suro dalam rangka HUT Kabupaten Ponorogo," ungkap General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, Sisyani Jaffar, Kamis, dikutip dari Surya.co.id.

Baca juga: 5 Wisata Surabaya Seperti Jepang dan China, Cocok untuk Liburan

Adapun Reog Ponorogo merupakan salah satu kesenian asli nusantara yang menampilkan sosok dengan topeng macan berhias bulu merak yang ukurannya sangat besar.

Penari terlihat bergerak meliuk-liuk mengikuti iringan musik. Kesenian ini dinilai punya daya tarik yang luar besar. Bandara, menurutnya, dapat berkontribusi menjadi bagian dari pelestarian seni dan budaya asli Indonesia.

"Seni asli seperti ini memiliki daya tarik yang luar biasa, sehingga kami menangkap bahwa bandara harus menjadi etalase untuk memperkenalkan dan melestarikan seni budaya," tuturnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Bakal digelar rutin

Pertunjukan seni dan budaya dari Jawa Timur rencananya akan dilakukan secara rutin, bekerja sama dengan Pemerintah Jawa Timur.

Sebab, Jawa Timur memiliki lebih dari 30 kota/kabupaten dengan aset dan potensi budaya yang dinilai sangat besar, termasuk Reog Ponorogo.

Pemain Reog Ponorogo tampil di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (21/7/2022). Penampilan tersebut untuk menghibur para penumpang dan pengguna jasa bandara serta meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap Reog Ponorogo sebagai kekayaan budaya bangsa. ANTARA FOTO/UMARUL FARUQ/wsj.ANTARA FOTO/UMARUL FARUQ/wsj Pemain Reog Ponorogo tampil di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (21/7/2022). Penampilan tersebut untuk menghibur para penumpang dan pengguna jasa bandara serta meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap Reog Ponorogo sebagai kekayaan budaya bangsa. ANTARA FOTO/UMARUL FARUQ/wsj.

Lebih lanjut, Sisyani berharap pertunjukan tersebut tak hanya untuk mengenalkan dan mempertahankan budaya, tetapi juga memberikan pengalaman lebih pada para pengguna bandara.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.