Kompas.com - 22/07/2022, 12:13 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Henley & Partners merilis daftar paspor terkuat di dunia 2022, dalam laporan The Henley Passport Index: Q3 2022.  Henley & Partners merupakan konsultan kewarganegaraan dan tempat tinggal global yang berbasis di London, Inggris. 

“The Henley Passport Index adalah peringkat asli dan paling otoritatif dari semua paspor dunia, berdasarkan jumlah destinasi yang dapat diakses pemegangnya tanpa visa,” tulis laporan The Henley Passport Index: Q3 2022, dikutip Jumat (22/7/2022).

Baca juga: Syarat Pembuatan Paspor Bayi dan Anak Usia di Bawah 17 Tahun

Ilustrasi paspor Jepang. SHUTTERSTOCK/TIERNEYMJ Ilustrasi paspor Jepang.

Mengutip laporan tersebut, negara Asia memimpin peringkat dua besar. Jepang menyabet predikat paspor terkuat di dunia 2022, lantaran memberikan akses bebas visa ke 193 destinasi bagi pemegang paspor.

Disusul oleh Singapura dan Korea Selatan pada peringkat kedua (nilai imbang), yang memberikan akses bebas visa ke 192 destinasi bagi pemegang paspor. 

Meskipun negara Asia memimpin dua besar, namun negara-negara di Eropa mendominasi peringkat atas paspor terkuat di dunia 2022, berdasarkan informasi dari CNN. 

Baca juga: Bisakah Bikin Paspor Langsung ke Kantor Imigrasi Tanpa lewat M-Paspor?

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Negara-negara Eropa yang berada di peringkat 10 besar antara lain, Jerman dan Spanyol (190 destinasi) pada peringkat ketiga. Kemudian,  Finlandia, Italia, dan Luksemburg (189 destinasi) menduduki posisi keempat dan Austria, Denmark, Belanda, dan Swedia (188 destinasi) yang imbang di peringkat kelima. 

Baca juga: Apa Bedanya Paspor Biasa dan Paspor Elektronik?

Sementara, Perancis, Irlandia, Portugal, dan Inggris (187 destinasi) berada di urutan keenam. Sedangkan, Belgia, Norwegia, dan Swiss (186 destinasi) berada di posisi ketujuh bersama Selandia Baru dan AS.

Sementara, Afghanistan berada di peringkat paling akhir atau sebagai paspor paling lemah 2022. Pemegang paspor Afghanistan hanya mendapatkan akses bebas visa ke 27 destinasi. 

Baca juga: Cara Bikin Paspor Anak yang Orangtuanya Cerai atau Meninggal Dunia

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.