Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/07/2022, 16:50 WIB

KOMPAS.com - Beberapa waktu terakhir, popularitas Turkiye sebagai destinasi wisata medis kian meroket seiring munculnya tren transplantasi rambut oleh sejumlah pesohor tanah air.

Tak hanya itu, masih ada banyak layanan kesehatan yang ditawarkan negara ini dengan klaim harga lebih terjangkau dibanding tetangga Indonesia, seperti Singapura dan Malaysia.

Baca juga: 10 Wisata di Turki yang Keren, Cappadocia hingga Grand Bazar

Misalnya, untuk biaya medical check-up di Rumah Sakit Acibadem, dibanderol mulai dari harga 700 dollar AS atau setara Rp 10,5 juta sampai 2.000 dollar AS atau setara Rp 30 juta untuk paket premium.

Sedangkan harga pencangkokan rambut di rumah sakit itu dipatok mulai dari 1.800 dollar AS atau setara Rp 27 juta sampai 3.000 dollar AS atau setara Rp 45 juta.

Adapun dua daerah yang menjadi tujuan wisata medis unggulan Turkiye, yaitu Istanbul dan Cappadocia.

"Pertama tentu saja Istanbul, kedua Cappadocia, tapi tetap Istanbul yang pertama," kata Kepala Kantor Informasi Acibadem Jakarta Hasni Hutagalung kepada Kompas.com, Jumat (22/7/2022).

Baca juga: Itinerary 3 Hari 2 Malam di Cappadocia Turki, Naik Balon Udara

Bila membutuhkan informasi seputar layanan kesehatan di Turkiye, masyarakat bisa konsultasi secara gratis di kantor informasi Acibadem.

Ilustrasi Goreme di Cappadocia, Turki.UNSPLASH/Maria Darii Ilustrasi Goreme di Cappadocia, Turki.

Sebagai info, Acibadem adalah penyedia layanan kesehatan yang berlokasi di Tamara Center, Jalan Jendral Sudirman Kav 24, Jakarta Selatan.

"Kita akan membantu pasien untuk membuatkan janji medis (medical appointment), sehingga saat tiba di sana mereka bisa langsung mengetahui appointment dengan tim medis jam berapa, dan tanggal berapa," tutur Hasni.

Baca juga: Turkish Arlines Kembali Buka Rute Istanbul-Bali di Bandara Ngurah Rai

Selain itu, pihaknya juga akan mengatur penjemputan di bandara langsung ke rumah sakit agar pasien tidak kebingungan, dari bandara langsung ke rumah sakit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+