Kompas.com - 22/07/2022, 18:17 WIB

KOMPAS.com - Paylater adalah layanan yang memudahkan penggunanya untuk melakukan pembayaran pada waktu tertentu setelah transaksi dilakukan, dilansir dari Kompas.com, Senin (9/5/2022).

Layanan ini juga bisa dijumpai di berbagai aplikasi gaya hidup dan wisata di Indonesia, sehingga bisa digunakan untuk keperluan liburan.

Walau mudah, paylater sebaiknya dibarengi dengan kebijakan dalam mengelola keuangan, sehingga tidak menyulitkan pengguna usai berlibur dan tidak melewati tanggal jatuh tempo.

Berikut empat layanan paylater di sejumlah aplikasi liburan yang bisa digunakan wisatawan.

Aplikasi liburan dengan layanan paylater di Indonesia

1. Ascott dengan Atome

Ilustrasi ruang tengah Citadines Sudirman yang merupakan bagian dari The Ascott Limited.Dok. The Ascott Limited Ilustrasi ruang tengah Citadines Sudirman yang merupakan bagian dari The Ascott Limited.

Aplikasi Atome adalah penyedia layanan buy now pay later (belanja sekarang, bayar kemudian) di Asia, termasuk di Indonesia.

Penyedia layanan ini telah bekerja sama dengan The Ascott Limited (Ascott) untuk fasilitas pembayaran non-tunai tanpa kontak di seluruh jaringan hotel Ascott Indonesia. Konsep ini bertajuk Staycation Now Pay Later (menginap dulu, bayar kemudian).

"Dengan kerja sama ini, setiap transaksi di jaringan Hotels dan Serviced Residences milik Ascott oleh pengguna Atome, kini dapat dijadikan cicilan dengan bunga mulai dari nol persen dan tenor cicilan yang dapat diatur hingga 12 bulan," tutur Regional General Manager Ascott untuk Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Filipina, Charles Lee Abbott, melalui keterangan resmi yang Kompas.com terima, Kamis (21/7/2022).

Wisatawan juga bisa menikmati diskon 10 persen hingga Rp 300.000 dengan transaksi minimal Rp 500.000, untuk setiap pemesanan kamar di jaringan properti Ascott hingga periode tertentu.

Jika ingin menggunakan program paylater ini, wisatawan bisa mengunduh aplikasi Atome. Proses pengajuan kredit dan persetujuan menghabiskan waktu sekitar tiga menit. 

Setelah proses aplikasi disetujui, wisatawan bisa memindai kode QR Atome di meja resepsionis, serta menyelesaikan transaksi. 

Baca juga: Ascott Berencana Buka 3 Hotel di Indonesia hingga Akhir 2022

2. Traveloka PayLater

Ilustrasi wisatawan Indonesia.shutterstock.com/Nopphone_1987 Ilustrasi wisatawan Indonesia.

Traveloka PayLater jadi salah satu metode pembayaran untuk sejumlah keperluan, di antaranya tiket pesawat, tiket kereta api, tiket bus dan travel, hotel, taman hiburan, serta makanan dan minuman.

Dilansir dari situs web resminya, pengguna dapat memperoleh batas (limit) hingga Rp 50 juta. Pembayaran bisa dilakukan dalam 30 hari setelah transaksi, atau dicicil dengan skema beberapa sampai 12 bulan dengan bunga.

Bila ingin mendaftar, pengguna harus berumur 21 - 70 tahun, menyiapkan KTP, dan mengunduh aplikasi Traveloka. Proses verifikasi umumnya menghabiskan waktu kira-kira satu jam.

Baca juga: Mau Work From Bali? Ini Kisaran Budget yang Perlu Disiapkan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.