Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan-jalan ke 4 Kota Eropa Naik Satu Kereta, Ini Faktanya

Kompas.com - 22/07/2022, 21:19 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

Sumber The Travel

KOMPAS.com - Wisatawan bisa berkelana ke berbagai kota di Eropa, terutama London, Paris, Brussel, dan Amsterdam, dengan menggunakan satu kereta saja, yaitu Eurostar.

Eurostar sendiri dikenal pada tahun 1994 sebagai kereta api transnasional yang menghubungkan London, Brussel, dan Paris.

Saat ini, rutenya bertambah menuju Amsterdam, dengan tiga belas tujuan berbeda di antara rute tersebut.

Baca juga:

Kereta ini juga melaju hingga 320 kilometer per jam, sehingga sangat cepat dan efisien untuk melakukan perjalanan di antara kota-kota besar di Eropa.

Jika tertarik untuk mengunjungi empat kota dengan satu kereta, simak beberapa fakta Eurostar yang sudah Kompas.com rangkum dari The Travel dan laman resminya, Jumat (22/07/2022).

Fakta kereta Eurostar untuk jelajah empat kota Eropa

1. Lebih efektif dan hemat energi

Sebuah kereta Eurostar baru saja muncul dari terowongan yang menghubungkan Inggris dan Perancis.DENIS CHARLET/AFP/Getty Images Sebuah kereta Eurostar baru saja muncul dari terowongan yang menghubungkan Inggris dan Perancis.

Salah satu manfaat melakukan perjalanan dengan kereta api adalah, moda transportasi ini lebih berkelanjutan untuk lingkungan, dibanding pesawat atau mobil.

Tak hanya energinya yang lebih ramah lingkungan, Eurostar juga menggunakan 90 persen air daur ulang untuk mencuci kereta mereka.

Meski mungkin ada beberapa maskapai penerbangan yang dapat menghubungkan kota-kota tersebut dengan harga lebih murah daripada Eurostar, namun kereta ini memiliki keunggulan tersendiri.

Di antaranya, penumpang yang membawa koper atau barang bawaan berat lainnya, tidak perlu membayar biaya tambahan untuk bagasi.

Kemudian, kereta ini juga menghubungkan wisatawan dari pusat kota ke pusat kota lainnya. Artinya, wisatawan tidak perlu membayar taksi atau bus agar dapat sampai ke pusat suatu destinasi, yang biasanya harus dijangkau dengan menambah waktu 20-30 menit.

Sebaliknya, Eurostar akan menurunkan penumpang di stasiun kereta utama di setiap kota, sehingga waktu perjalanan juga bisa dipangkas.

Baca juga: Paket Tur Keliling Eropa Mulai Rp 16 Jutaan, Kunjungi Menara Pisa

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Sumber The Travel
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com