Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Denda Telat Check Out Hotel? Jangan Anggap Sepele

Kompas.com - 23/07/2022, 12:13 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Check out merupakan tahapan akhir saat tamu menginap di sebuah hotel. Apabila jadwal menginap sudah habis, tamu harus melakukan check out sebelum meninggalkan hotel. 

Mengutip dari Kompas.com (6/8/2020), check out adalah aktivitas tamu mengeluarkan barang-barang dari kamar sekaligus menyelesaikan pembayaran usai habis masa menginap di hotel. Tak lupa, tamu hotel mengembalikan kunci kamar kepada resepsionis di lobi hotel. 

Setiap hotel memberlakukan ketentuan terkait dengan waktu check out. Apabila melebihi waktu check out yang sudah ditetapkan, pada umumnya pihak hotel akan mengenakan charge atau tambahan biaya, alias denda. 

Baca juga: Kenapa di Kamar Hotel Tidak Ada Jam? Ternyata Ini 5 Alasannya

Ilustrasi hotel.SHUTTERSTOCK/Kanyapak Lim Ilustrasi hotel.

Waktu check out hotel 

Pada umumnya, waktu check out hotel adalah pukul 12.00. Namun, setiap hotel tentunya memiliki kebijakan masing-masing terkait aturan check out

Salah satu hotel yang memberlakukan waktu check out maksimal pukul 12.00 adalah Harper Malioboro. 

“Maksimal waktu check out di Harper Malioboro adalah pukul 12.00,” ujar Marketing Communication Manager Harper Malioboro Dicky Pratama kepada Kompas.com, Jumat (22/7/2022). 

Baca juga: Cara Menginap di Hotel bagi Pemula dari Pesan Kamar hingga Check Out 

Ketika menginap bersama bayi, jangan pesan kamar yang sempit. Pastikan memilih kamar yang lebih luas.SHUTTERSTOCK/Monkey Business Images Ketika menginap bersama bayi, jangan pesan kamar yang sempit. Pastikan memilih kamar yang lebih luas.

Ia menuturkan, petugas hotel akan memberitahu tamu mengenai ketentuan waktu check out saat tamu melakukan proses check in. Selain itu, satu jam sebelum waktu check out, petugas hotel akan menelepon tamu untuk menginformasikan kembali waktu check out

“Pada pukul 11.00, front desk kami akan menelpon tamu di dalam kamar untuk courtesy, apakah ada rencana extend (perpanjangan). Jika tidak, maka staf kami akan menginformasikan bahwa waktu check out adalah pukul 12.00,” terangnya.

Baca juga: Apakah Kamar Hotel Bisa Disewa Setengah Hari? Berikut Penjelasannya

Serupa, Marketing & Branding Manager Harris Hotels & Conventions Festival Citylink Bandung, Rikky Sugiarto menuturkan waktu check out adalah pukul 12.00. 

“Waktu check out itu pukul 12.00. Biasanya staf hotel akan melakukan courtesy call ke kamar sekitar satu hingga dua jam sebelumnya untuk mengingatkan tamu,” terangnya. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com