Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantul Gelar 2 Acara Budaya, Diharapkan Naikkan Kunjungan Wisatawan

Kompas.com - 25/07/2022, 12:07 WIB
Markus Yuwono,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berupaya mengembalikan tingkat kunjungan wisata sebelum pandemi. Salah satunya dengan memaksimalkan potensi budaya yang ada di Bumi Projotamansari ini.

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Wisata, Dinas Pariwisata Pemkab Bantul, Markus Purnomo Adi mengatakan, kegiatan budaya yang sempat vakum sekitar dua tahun akibat pandemi akhirnya boleh dilaksanakan.

Pihaknya pun memanfaatkan kesempatan ini untuk menarik kunjungan wisatawan.

Baca juga:

Ia mengatakan, dalam waktu dekat ada dua acara budaya yang akan digelar di Bantul, yakni upacara Jenang Suran yang akan digelar di Makam Raja Mataram Kotagede pada Jumat (29/7/2022) malam, serta Kirab Budaya Pantai Goa Cemara pada Sabtu (30/7/2022).

"Kegiatan budaya ini menarik untuk dikunjungi, karena digelar setahun sekali. Pengunjung bisa belajar mengenai tradisi masyarakat Bantul yang beragam," kata Markus saat dihubungi melalui telepon, Senin (25/7/2022).

Ia berharap, event atau acara budaya ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan.

Baca juga: Taman Dinosaurus Potorono, Wisata Keluarga Baru di Bantul Yogyakarta

Ilustrasi Pantai Parangtritis di Bantul, Yogyakarta.Ilustrasi Pantai Parangtritis di Bantul, Yogyakarta. Ilustrasi Pantai Parangtritis di Bantul, Yogyakarta.

Ipung, panggilan akrab Markus, mengatakan, jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bantul sudah kembali meningkat, meski ia mengaku belum bisa sebanyak sebelum pandemi.

"Sudah berangsur pulih, tetapi belum seperti dulu sebelum pandemi," kata Ipung.

Ia menjelaskan bahwa jumlah kunjungan wisatawan ke Bantul pada 18 - 24 Juli 2022 mencapai 34.642 orang, atau menurun 25 persen dibanding minggu lalu, karena masa libur sekolah sudah usai.

Baca juga:

"Kawasan Pantai Parangtritis masih mendominasi kunjungan wisatawan ke Bantul," tuturnya.

Ipung mengatakan, dari data reservasi VisitingJogja yang diisi 5.619 orang wisatawan, sebagian besar wisatawan berasal Jawa Tengah sebanyak 62 persen, sisanya dari Jawa Timur, DIY, Jawa Barat, dan DKI Jakarta. 

Baca juga: 15 Wisata Bantul Yogyakarta dengan Pemandangan Alam Instagramable

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com