Kompas.com - 25/07/2022, 12:07 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berupaya mengembalikan tingkat kunjungan wisata sebelum pandemi. Salah satunya dengan memaksimalkan potensi budaya yang ada di Bumi Projotamansari ini.

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Wisata, Dinas Pariwisata Pemkab Bantul, Markus Purnomo Adi mengatakan, kegiatan budaya yang sempat vakum sekitar dua tahun akibat pandemi akhirnya boleh dilaksanakan.

Pihaknya pun memanfaatkan kesempatan ini untuk menarik kunjungan wisatawan.

Baca juga:

Ia mengatakan, dalam waktu dekat ada dua acara budaya yang akan digelar di Bantul, yakni upacara Jenang Suran yang akan digelar di Makam Raja Mataram Kotagede pada Jumat (29/7/2022) malam, serta Kirab Budaya Pantai Goa Cemara pada Sabtu (30/7/2022).

"Kegiatan budaya ini menarik untuk dikunjungi, karena digelar setahun sekali. Pengunjung bisa belajar mengenai tradisi masyarakat Bantul yang beragam," kata Markus saat dihubungi melalui telepon, Senin (25/7/2022).

Ia berharap, event atau acara budaya ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan.

Baca juga: Taman Dinosaurus Potorono, Wisata Keluarga Baru di Bantul Yogyakarta

Ilustrasi Pantai Parangtritis di Bantul, Yogyakarta.Ilustrasi Pantai Parangtritis di Bantul, Yogyakarta. Ilustrasi Pantai Parangtritis di Bantul, Yogyakarta.

Ipung, panggilan akrab Markus, mengatakan, jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bantul sudah kembali meningkat, meski ia mengaku belum bisa sebanyak sebelum pandemi.

"Sudah berangsur pulih, tetapi belum seperti dulu sebelum pandemi," kata Ipung.

Ia menjelaskan bahwa jumlah kunjungan wisatawan ke Bantul pada 18 - 24 Juli 2022 mencapai 34.642 orang, atau menurun 25 persen dibanding minggu lalu, karena masa libur sekolah sudah usai.

Baca juga:

"Kawasan Pantai Parangtritis masih mendominasi kunjungan wisatawan ke Bantul," tuturnya.

Ipung mengatakan, dari data reservasi VisitingJogja yang diisi 5.619 orang wisatawan, sebagian besar wisatawan berasal Jawa Tengah sebanyak 62 persen, sisanya dari Jawa Timur, DIY, Jawa Barat, dan DKI Jakarta. 

Baca juga: 15 Wisata Bantul Yogyakarta dengan Pemandangan Alam Instagramable

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.