Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

18 Wisata Pantai di Jogja Wilayah Gunungkidul yang Paling Terkenal

Kompas.com - 25/07/2022, 15:47 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) atau Jogja memiliki banyak wisata pantai yang indah. Wisata pantai di Jogja banyak berada di wilayah Kabupaten Gunungkidul yang berada di pesisir laut selatan.

Mayoritas pantai Gunungkidul Jogja mempunyai air biru yang jernih serta pasir putih. Tak heran, pantai-pantai di Gunungkidul Jogja menjadi incaran wisatawan. 

Wisata pantai di Jogja wilayah Gunungkidul sangat banyak, bahkan mencapai puluhan. Namun, tidak semuanya terkenal di kalangan wisatawan karena berbagai faktor, seperti lokasi sulit dijangkau dan fasilitas kurang memadai. 

Baca juga: 7 Wisata Malam di Bantul Yogyakarta, Banyak Spot Foto Keren

Pantai Gunungkidul yang paling terkenal 

Dari semua pantai tersebut, berikut 18 wisata pantai di Jogja wilayah Gunungkidul yang paling terkenal

1. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti merupakan salah satu pantai Gunungkidul yang paling terkenal. 

Mengutip situs resmi Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Pantai Indrayanti tersohor dengan keindahan pasir putih yang membentang sepanjang garis pantai. Terdapat bukit karang yang mengelilingi pantai ini. 

Baca juga: Rute ke Merapi Park, Wisata Miniatur Ikon Dunia di Yogyakarta

Pantai Pulang Sawal atau Pantai Indrayanti di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.BARRY KUSUMA Pantai Pulang Sawal atau Pantai Indrayanti di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Selain itu, fasilitas di Pantai Indrayanti terbilang lengkap mulai dari restoran, penginapan/homestay, mushola, lahan parkir yang luas, toko souvenir, dan lainnya. Tak heran, Pantai Indrayanti terkenal di kalangan wisatawan. 

2. Pantai Pok Tunggal 

Sekitar 5,1 kilometer dari Pantai Indrayanti, terhampar pantai Gunungkidul lain yang terkenal, yakni Pantai Pok Tunggal. Mengutip situs Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, ciri khas pantai ini adalah sebuah pohon besar yang berdiri di area pantai. 

Pantai yang berada di Tepus, Gunungkidul ini memiliki hamparan pasir putih. Pantai Pok Tunggal  sudah mempunyai sejumlah fasilitas bagi wisatawan seperti penginapan, area parkir, toilet, warung , dan mushola. 

Baca juga: Yogyakarta Kembangkan Wisata Sepeda, Turis Bisa Gowes Keliling Kota

Pantai Pok Tunggal Kabupaten Gunungkidul, yang Sebelumnya Sebagian Pasir hilang Kini Kembali Penuh (Dokumentasi SAR Satlinmas Wilayah II)KOMPAS.com/MARKUS YUWONO Pantai Pok Tunggal Kabupaten Gunungkidul, yang Sebelumnya Sebagian Pasir hilang Kini Kembali Penuh (Dokumentasi SAR Satlinmas Wilayah II)

3. Pantai Timang 

Apa kamu pernah melihat foto gondola di atas laut? Jika iya, maka lokasinya berada di Pantai Timang. Meskipun lokasinya agak sulit dijangkau, namun Pantai Timang terkanl di kalangan wisatawan lantaran menawarkan pengalaman unik yang menguji adrenalin. 

Mengutip situs resmi Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, wisatawan harus melewati jalanan penuh bebatuan, tikungan yang tajam serta tanjakan yang terjal untuk sampai di Pantai Timang. 

Baca juga: Taman Dinosaurus Potorono, Wisata Keluarga Baru di Bantul Yogyakarta

Gondola di Pantai Timang, Gunungkidul.Shutterstock/Tira Jay Gondola di Pantai Timang, Gunungkidul.

Gondola atau kereta gantung di Pantai Timang dibuat pada 1997. Awalanya, gondola itu digunakan nelayan untuk menyeberang mencari lobster ke Pulau Timang.

Nelayan tidak bisa menggunakan perahu biasa, karena ombak di pantai ini cukup besar. Akhirnya, terciptalah gondola  untuk memudahkan para nelayan. 

Saat ini, gondola tersebut bisa digunakan oleh pengunjung yang ingin menguji adrenalin. Gondola hanya bisa diisi satu orang saja. Wisatawan akan meluncur sepanjang 98 meter dengan ketinggian 9 hingga 11 meter dari atas permukaan laut.

4. Pantai Siung 

Pantai Siung merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal di kalangan wisatawan. Mengutip situs resmi Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, keunikan dari pantai ini adalah kegiatan panjat tebing karena memiliki batu karang raksasa yang menjulang tinggi. 

Pemandangan di Pantai Siung, Gunungkidul.Shutterstock/tirtaperwitasari Pemandangan di Pantai Siung, Gunungkidul.

Hingga saat ini, Pantai Siung memiliki 250 jalur panjat tebing dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Selain panjat tebing, aktivitas lain yang dapat dilakukan di pantai ini adalah menyusuri bibir pantai dan mendaki bukit. 

Nama Pantai Siung berasal dari bahasa Jawa, yaitu siung wanara yang berarti gigi kera. Sebab, terdapat dua karang di sisi barat dan timur pantai yang menyerupai gigi kera jika dilihat dari kejauhan. 

Baca juga: 10 Wisata Sekitar Kota Yogyakarta, Pas Dikunjungi Saat Libur Idul Adha

5. Pantai Wediombo   

Pantai yang paling terkenal berikutnya adalah Pantai Wediombo. Mengutip Kompas.com, Sabtu (15/01/2022), Pantai Wediombo merupakan sebuah tempat wisata alam sekaligus kawasan konservasi perairan di Gunungkidul. 

Pantai WediomboShutterstock Pantai Wediombo

Pantai ini memiliki teluk ini yang terhalang oleh batu karang, sehingga menjadi tempat berenang favorit wisatawan. Pantai Wediombo diperkirakan merupakan bekas kawah gunung berapi di masa lalu yang tenggelam ke bawah permukaan laut.  

Selain keindahan pantai, Pantai Wediombo merupakan tempat konservasi perairan yang menyimpan keanekaragaman hayati laut. Selain itu, Pantai Wediombo merupakan kawasan konservasi untuk bertelur penyu demi menjaga kelestarian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com