Kompas.com - 25/07/2022, 16:04 WIB

KOMPAS.com - Jika ingin mencari kuliner khas Kulon Progo, Yogyakarta, dengan suasana pedesaan di alam terbuka, kamu bisa mengunjungi Pari Klegung.

Tidak hanya memenuhi rasa lapar dan dahaga, Pari Klegung menyediakan tempat yang cocok untuk bersantai dan melepas penat, atau bahasa kekiniannya healing.

Baca juga: Wisata Jip di Kulon Progo, Serunya Uji Nyali Lewati Rintangan

Sebab, selain lokasinya yang jauh dari keramaian perkotaan, tempat makan yang menyediakan aneka hidangan khas lokal ini berada di dekat aliran sungai atau Klegung.

Oleh karena itu, tempatnya dijuluki juga dengan nama The River Whisper atau sungai berbisik. 

Daya tarik wisata Pari Klegung

Menurut sang pemilik bernama Eko Prawoto, pengunjung dapat menikmati suara gemericik air dan segarnya aliran sungai yang tidak jauh dari Pari Klegung. Tak hanya itu, pepohonan yang rindang menambah kesejukan tempat tersebut.

Wisata kuliner dan alam di Pari Klegung, Kulon Progo, Yogyakarta. Dok. Pari Klegung Wisata kuliner dan alam di Pari Klegung, Kulon Progo, Yogyakarta.

"Daya tarik ini memang sungainya, atau Klegung. Tanahnya sendiri sudah didapatkan lima tahun lalu. Tapi setahun lalu, baru ide membuat warung itu muncul. Awalnya karena sering mengajak teman-teman dan mereka bilang bagus," ujar Eko kepada Kompas.com, Jumat (22/07/2022).

Ia melanjutkan, teman-temannya menyarankan agar lokasi tempat berdirinya Pari Klegung bisa dinikmati oleh orang banyak, tidak hanya kalangan sendiri saja.

"Konsep besarnya adalah kami ingin berbuat sesuatu di desa. Tidak hanya alam, tetapi (berbuat untuk) tetangga-tetangga juga," lanjut Eko.

Baca juga: 7 Wisata Malam di Bantul Yogyakarta, Banyak Spot Foto Keren

Oleh karena itu, warga desa yang kebetulan bisa memasak, akhirnya diajak oleh Eko untuk bergabung membantu pengelolaan Pari Klegung.

Selain berusaha menyajikan menu khas pedesaan di Kulon Progo yang autentik, Eko beranggapan bahwa tempat miliknya juga mengandalkan daya tarik alam yang asli. Ia juga berusaha berhati-hati dan tetap memperhatikan keasrian alam setempat.

Wisata kuliner dan alam di Pari Klegung, Kulon Progo, Yogyakarta. Dok. Pari Klegung Wisata kuliner dan alam di Pari Klegung, Kulon Progo, Yogyakarta.

Konsep tempat makan ini pun dibangun dengan sentuhan seni tradisional, namun dengan tidak menghilangkan sisi alaminya.

Sehingga, pengunjung bisa menemukan berbagai spot instagenic berlatar belakang panorama alam yang masih asri.

"Jangan sampai menindas alamnya. Jadi semua kontur kurang lebih dipertahankan, pohon-pohon existing tidak ditebang. Jadi kami memang mengapresiasi alamnya, karena kekuatan pada alam," tutur laki-laki yang sekaligus berprofesi sebagai arsitek ini.

Baca juga: 16 Tempat Wisata di Yogyakarta dengan Pemandangan Alam yang Indah

Bangunannya sendiri mengusung konsep khas Jawa yaitu bentuk rumah limasan dengan gaya terbuka dan dilengkapi teras. Materialnya banyak menggunakan kayu dan bambu yang menurut Eko bersifat ramah ekosistem.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.