Kompas.com - 25/07/2022, 18:38 WIB

BORONG, KOMPAS.com - Sanggar Seni Budaya Uma Lodok SMAN 2 Kota Komba, Desa Mbengan, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur terus dilestarikan oleh masyarakat Desa Mbengan, Kecamatan Kota Komba.

Pelestarian itu salah satunya dilakukan dengan mementaskan tradisi Wai Doka (Enggrang) dan Kelong saat penutupan Turnamen Bhayangkara Cup I Waelengga di Lapangan Sepak Bola Waelengga, Minggu, (24/7/2022).

Tarian Kelong ditujukan untuk mengantar atau menyambut tamu-tamu khusus, seperti pejabat atau turis asing. Contohnya pada Minggu, (24/7/2022), para penari menyambut Bupati Manggarai Timur Agas Andreas bersama rombongan.

Baca juga: Festival Budaya di Manggarai Timur NTT, Utamakan Wisata Budaya dan Religi

Para penari diiringi tabuhan gendang menghentakkan kaki sambil menari-nari serta nyanyian adat bahasa Manggarai Timur.

Pelestarian tradisi ini dijaga, dirawat, dan dipelihara oleh siswa dan siswi SMAN 2 Kota Komba dengan bergabung di Sanggar tersebut.

Bupati Manggarai Timur Agas Andreas pada Minggu (24/7/2022) sangat mengapresiasi pelestarian tradisi dan budaya yang dipertahankan di lembaga pendidikan SMAN 2 Kota Komba dengan tarian Wai Doka (Enggrang) dan Kelong.

"Saya sangat terharu dengan penyambutan oleh para penari Wai Doka (Enggrang) dan Kelong dari Lembaga Pendidikan SMAN 2 Kota Komba. Saya tak menduga sebelumnya bahwa penyambutan dengan tradisi luar biasa," kata dia.

Sementara itu, Bupati Ngada Andreas Pari usai penutupan turnamen mengaku terpikat dengan cara Panitia Turnamen Bhayangkara Cup 1 Waelengga yang mempromosikan budaya lokal, seperti tarian, nyanyian adat, dan kain tenun songke khas Manggarai Timur.

Baca juga: Tari Jai Meriahkan Turnamen Sepak Bola HUT ke-76 Bhayangkara di Manggarai Timur

"Sebaiknya, turnamen-turnamen berikutnya mempertahankan dan mempromosikan budaya lokal agar tetap lestari," tutur dia.

Menurut dia, Pulau Flores sangat terkenal dengan budaya-budaya dan adat istiadat yang tetap dijaga, dirawat, dan dipelihara.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.