Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Makanan dan Fasilitas Pari Klegung, "Hidden Gem" di Kulon Progo

Kompas.com - 25/07/2022, 20:04 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pari Klegung merupakan tempat wisata kuliner di ruang terbuka yang mengusung konsep alam dan budaya pedesaan.

Lokasinya berada di Ngipik Rejo 1, Kanoman Satu, Banjararum, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari Kota Yogyakarta jaraknya sekitar 26 Kilometer.

Baca juga: Pari Klegung di Kulon Progo Jogja, Wisata Kuliner Alam Terbuka Pas Buat Healing

Karena berlokasi jauh dari keramaian kota, tempat ini cocok disebut hidden gem. Pari Klegung dapat dikunjungi setiap hari, pukul 09.00 - 19.00 WIB. 

Pemilik sekaligus pendiri Pari Klegung adalah Eko Prawoto, seorang arsitek dan dosen pengajar jurusan arsitektur di Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta.

Berangkat dari ide membangun desa dan saran teman-temannya yang melihat potensi keindahan alam, Pari Klegung dibangun oleh Eko dengan mengutamakan konsep bangunan asri.

Baca juga: Liburan 2 Hari 1 Malam ke Kulon Progo, Butuh Bujet Berapa?

Pepohonan dan tanaman rimbun tetap dibiarkan, sementara bangunannya sendiri banyak menggunakan kayu dan bambu yang baik untuk ekosistem.

Harga makanan dan minuman di Pari Klegung

Wisata kuliner dan alam di Pari Klegung, Kulon Progo, Yogyakarta. Dok. Pari Klegung Wisata kuliner dan alam di Pari Klegung, Kulon Progo, Yogyakarta.

Wisata yang baru buka November 2021 ini menawarkan hidangan khas Kulon Progo yang diracik dengan resep keluarga turun-temurun.

Harga makanan dan minuman ala pedesaan di Pari Klegung juga cukup terjangkau, sehingga ramah di kantong.

"Snack-nya saya ambil beberapa (yang khas) dari Kulon Progo, ada geblek, bacem koro, ketela, keju, dan mendoan," ujar istri Pak Eko yang mengelola dapur di Pari Klegung, kepada Kompas.com, Jumat (22/07/2022).

Baca juga: Itinerary Wisata 2 Hari 1 Malam di Kulon Progo, Naik Jip dan Susur Goa

Lebih lanjut, untuk menu utama atau makanan berat umumnya sudah termasuk satu sajian berisi nasi, lauk pauk, kerupuk, dan oseng sayuran.

Menunya sendiri berbeda-beda dan bervariasi setiap harinya. Bahkan, beberapa menu, seperti ikan wader atau beong, tidak selalu tersedia karena menyesuaikan dengan tangkapan nelayan lokal pada hari itu.

Wisata kuliner dan alam di Pari Klegung, Kulon Progo, Yogyakarta. Dok. Pari Klegung Wisata kuliner dan alam di Pari Klegung, Kulon Progo, Yogyakarta.

Adapun menu favorit di Pari Klegung seperti mangut ikan asap dibanderol seharga Rp 35.000, sudah termasuk nasi, ikan mangut, aneka oseng, tempe garit, dan kerupuk udang.

Jika ingin lebih ekonomis, ada menu makanan berat lain seperti nasi telur kecap Borobudur seharga Rp 15.000 per porsi. Untuk makanan berat sendiri harganya berkisar Rp 15.000 - Rp 35.000.

Baca juga: 7 Wisata Malam di Bantul Yogyakarta, Banyak Spot Foto Keren

Bagi penyuka jajanan ringan asin maupun manis, Pari Klegung juga menyediakan beragam camilan. Mulai dari Geblek isi enam buah Rp 10.000, bakwan jagung Rp 10.000, pisang goreng Rp 20.000, mendoan Purbalingga Rp 15.000, tempe benguk bacem Rp 10.000, hingga ketela keju Rp 10.000. 

Sementara, aneka minuman seperti di antaranya teh, jeruk nipis, teh rosela, wedang serai, kopi tubruk, choco ginger, bir pletok, dibanderol kisaran Rp 10.000 - Rp 20.000. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com