Kompas.com - 26/07/2022, 11:05 WIB

KOMPAS.com - Embun es atau embun upas merupakan fenomena unik yang bisa dijumpai pada waktu tertentu di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Hari ini, Selasa (26/7/2022), embun es kembali menyelimuti Dataran Tinggi Dieng, seperti disampaikan oleh Kepala UPT Dieng Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara Sri Utami.

"Sudah dijelaskan BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika), terkait dengan fenomena embun selama 2022, embun es atau salju hari ini turunnya di kompleks Candi Arjuna. Untuk saat ini sudah dua hari berturut-turut," kata Sri saat dihubungi Kompas.com, Selasa.

Baca juga:

Ia menjelaskan, saat musim kemarau, pihak pengelola di lapangan melihat fenomena ini antara bulan Juli hingga September, jika berkaca dari tahun sebelumnya. 

Meski Sri juga menyampaikan bahwa fenomena embun es Dieng tidak dapat diprediksi secara pasti. 

Waktu terbaik melihat embun upas Dieng

Embun es di lapangan kompleks Candi Arjuna Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa (4/1/2022).KOMPAS.COM/DOK UPT OBYEK WISATA DIENG Embun es di lapangan kompleks Candi Arjuna Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa (4/1/2022).

Menurut Sri, waktu terbaik untuk melihat embun es di Dieng adalah pada pagi hari, sebelum matahari terbit.

"Pagi tadi suhunya tiga minus satu derajat celsius, ini udah memuai. Seiring matahari terbit, embun beku pun sudah mencair," kata dia.

Ia melanjutkan bahwa daerah untuk melihat embun es yang juga mudah dicapai wisatawan adalah kompleks Candi Arjuna.

"Kalau yang langsung, subuh sudah ada di situ. Biasanya kalau ada fenomena (embun es), setengah enam pagi. Kalau jam tujuh memang masih (ada), tapi seiring panas matahari, nanti embun itu sudah memuai," ujarnya.

Baca juga: 5 Tips Melihat Embun Upas di Dieng, Datang Pagi Hari

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.