Kompas.com - 26/07/2022, 19:52 WIB

KOMPAS.com - Masa berlaku paspor warga negara Yunani diperpanjang dari semula hanya lima tahun, menjadi 10 tahun.

Dikutip dari Schengen Visa Info, Menteri Perlindungan Warga Negara Takis Theodorikakos mengatakan, negaranya saat ini menjadi salah satu negara anggota Uni Eropa terakhir yang masih menerbitkan paspor dengan masa berlaku kurang dari 10 tahun.

Baca juga: Cara Penggantian Paspor yang Habis Masa Berlaku lewat M-Paspor

Menurutnya, perpanjangan masa berlaku paspor menjadi 10 tahun akan lebih hemat secara finansial dan administrasi yang besar.

"Artinya birokrasi yang harus dilalui warga Yunani juga dipangkas, terutama bagi warga yang ada di luar negeri. Waktu para petugas juga menjadi lebih bebas. (Kebijakan) ini akan menguntungkan baik negara maupun warga," ujarnya dalam SKAI Show, seperti dikutip Schengen Visa Info, Selasa (26/07/2022).

Lebih lanjut, dalam keterangan tertulis, kementerian tersebut mengatakan bahwa usulan kebijakan ini sudah dimasukkan ke parlemen untuk disahkan.

Baca juga: Paspor dan Visa Apa Bedanya? Simak Penjelasan Ini

Harmonisasi kebijakan penerbitan paspor ini dengan negara-negara Uni Eropa lain dan negara-negara maju di seluruh dunia juga bertujuan untuk menekan biaya keuangan dan administrasi secara signifikan.

"Situasi ini menguntungkan negara dan semua warga negara Yunani dalam hal keamanan dan pemanfaatan yang lebih baik dari para petugas kami," ungkap keterangan tertulis itu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Sebagai perbandingan, saat ini biaya memperbarui paspor Yunani adalah 85 Euro (sekitar Rp 1,29 juta) namun hanya berlaku selama lima tahun. Sementara di Belgia, tarif memperbarui paspor 65 Euro (sekitar Rp 988.000) dengan masa berlaku tujuh tahun.

Baca juga: Bisakah Bikin Paspor Langsung ke Kantor Imigrasi Tanpa lewat M-Paspor?

Sedangkan di Italia, harga memperbarui paspor memang lebih mahal, yakni 116 Euro (sekitar Rp 1,7 juta), namun untuk masa berlaku 10 tahun, sehingga tetap lebih murah daripada Yunani.

Bahkan, Spanyol yang masa berlaku paspornya 10 tahun hanya memberlakukan biaya 30 Euro (sekitar Rp 456.000) untuk memperbarui paspor. Biaya memperbarui paspor di Latvia bahkan hanya 28,46 Euro (sekitar Rp 432.000) untuk masa berlaku 10 tahun.

Adapun menurut Henley Passport Index, pemeringkat paspor dunia berdasarkan jumlah negara yang bisa dikunjungi pemegangnya tanpa visa atau visa on arrival, paspor Yunani memberi pemegangnya kemungkinan mengunjungi 185 negara di dunia.

Baca juga: Daftar Paspor Terkuat di Dunia 2022, Indonesia Nomor Berapa? 

 

Hal itu membuat Yunani menempati urutan ketujuh dalam pemeringkatan paspor terkuat di dunia.

Sementara pada urutan pertama adalah Jepang dan Singapura dengan 192 negara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.