Kompas.com - 27/07/2022, 14:18 WIB

KOMPAS.com - Gempa berkekuatan tujuh skala Richter melanda utara Filipina pada Rabu (27/7/2022) sekitar pukul 08.43 pagi waktu setempat.

Dilansir dari New York Times, Rabu, menurut informasi Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina, pusat gempa diketahui ada di bagian barat laut Luzon, pulau terpadat di Filipina.

Gempa ini lantas menimbulkan kerusakan yang cukup parah di sejumlah bangunan hingga fasilitas umum, salah satunya jembatan. Beberapa stasiun di Kota Manila juga dikabarkan ikut menghentikan sementara layanan kereta api.

Baca juga: Ini 6 Situs Warisan UNESCO di Filipina

Salah satu daerah yang terdampak adalah Kota Vigan di Provinsi Ilocos Sur, Filipina, yang berjarak sekitar 43 kilometer dari pusat gempa.

Beberapa bangunan di kota yang ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO ini dilaporkan mengalami kerusakan. Termasuk bangunan cagar budaya Katedral Vigan yang terletak di sepanjang area Calle Crisologo.

Katedral Vigan sendiri dikenal sebagai Katedral Metropolitan Konversi Rasul Santo Paulus, yang menjadi bagian dari deklarasi Situs Warisan Dunia UNESCO untuk kota tersebut pada tahun 1999.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.