Batik Air dan Lion Air Pindah Terminal di Bandara Soekarno-Hatta per 2 Agustus

Kompas.com - 28/07/2022, 06:34 WIB

KOMPAS.com - Mulai Selasa (2/8/2022) mendatang, maskapai Batik Air dan Lion Air akan memindahkan pusat layanan operasional keberangkatan dan kedatangan untuk penerbangan domestik di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK), Banten.

Rinciannya, Batik Air akan pindah ke Terminal 2D dari Pintu 2, sedangkan Lion Air pindah ke Terminal 2E dari pintu 4 di bandara tersebut.

Adapun rute penerbangan domestik Lion Air memiliki tujuan Banda Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Batam, Bengkulu, Jambi, Palembang, Pangkalpinang, Tanjung Pandan, Tanjung Karang, Pontianak, Palangkaraya, Banjarmasin, Balikpapan, Berau, Tarakan, Solo, Semarang, Yogyakarta Kulonprogo, Surabaya, Denpasar, Lombok Praya, Kupang, Makassar, Kendari, Palu, Gorontalo, Manado, Ternate, Ambon, Jayapura dan kota tujuan lain.

Baca juga:

Sementara Batik Air melayani rute domestik tujuan Banda Aceh, Medan, Siborong-borong, Padang, Pekanbaru, Batam, Tanjung Pinang, Bengkulu, Jambi, Palembang, Pangkalpinang, Tanjung Pandan, Lubuk Linggau, Tanjung Karang, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, Tarakan, Solo, Semarang, Yogyakarta Kulonprogo, Banyuwangi, Surabaya, Denpasar, Lombok Praya, Labuan Bajo, Kupang, Makassar, Kendari, Palu, Gorontalo, Manado, Ternate, Ambon, Timika, Jayapura serta tujuan lainnya.

"Untuk layanan penerbangan internasional tetap di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, dalam keterangan resmi yang Kompas.com terima, Rabu (27/7/2022).

Baca juga: Penumpang Lion Air Group Tak Perlu Lagi Check-in di Bandara

Imbauan untuk pelaku perjalanan Lion Air dan Batik Air

Ilustrasi pesawat Batik Air.Shutterstock Ilustrasi pesawat Batik Air.

Berikut sejumlah imbauan bagi pelaku perjalanan yang akan naik pesawat Lion Air dan Batik Air:

  • Unduh aplikasi Lion Air, Batik Air dengan memanfaatkan fitur check-in online.
  • Penumpang yang tidak membawa bagasi tercatat (checked baggage), dapat langsung menuju ruang tunggu
  • Penumpang yang membawa bagasi tercatat, wajiblapor ke check-in counter Lion Air Group, khusus penumpang check-in online.
  • Gratis bagasi kabin tujuh kilogram (kg), serta bagasi tercatat 20 kg untuk kelas ekonomi dan 30 kg untuk kelas bisnis.
  • Petugas check-in akan menimbang bagasi di check-in counter guna menentukan apakah bagasi memenuhi persyaratan.
  • Jika bagasi melebihi ketentuan, maka penumpang dikenakan biaya tambahan sesuai aturan Lion Air Group agar dapat diangkut sebagai bagasi terdaftar.
  • Penumpang dilarang mendaftarkan atau membawa barang berbahaya di pesawat, termasuk bahan peledak, seperti kembang api, petasan, bom yang belum meledak, dan lainnya yang sejenis.
  • Penumpang dilarang membawa bahan magnetik yang kuat, zat beracun (termasuk insektisida), zat korosif atau zat pengoksidasi (termasuk pemutih), semua jenis kompor untuk memasak, zat radioaktif, bahan-bahan yang mudah terbakar, termasuk korek api atau bahan bakar pemantik, gas bertekanan seperti katrij gas dan lainnya yang sejenis.
  • Nomor tanda terima bagasi dan bagasi terdaftar harus sama.
  • Sistem check-in counter tutup 30 menit sebelum keberangkatan.
  • Sistem ruang tunggu tutup 10 menit sebelum keberangkatan
  • Seluruh awak pesawat dan penumpang wajib mengenakan masker, menjaga kebersihan di pesawat udara.

Baca juga: Syarat Bawa Laptop dan Powerbank ke Pesawat Lion Air, Batik Air, dan Wings Air

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.