BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Golden Rama

Plesiran ke Sydney dan New South Wales, Berikut Aktivitas dan Destinasi Wisata yang Bisa Dijadikan Panduan

Kompas.com - 28/07/2022, 10:02 WIB

KOMPAS.com - Negara Bagian New South Wales di Australia selalu berhasil memikat wisatawan untuk berkunjung. Gedung Opera dan Sydney Harbour Bridge yang menjadi ikon wisata seolah memanggil-manggil wisatawan agar turut menyambanginya.

Selain kedua ikon tersebut, masih banyak pilihan destinasi wisata populer di New South Wales, mulai dari Darling Harbour and Haymarket, Kebun Binatang Taronga, Blue Mountain, Sydney Harbour, Circular Quay, hingga pantai, seperti Bondi Beach dan Manly Beach.

Namun, pesona New South Wales tak sebatas itu saja. Banyak tempat wisata tersembunyi yang jarang disambangi wisatawan dan layak dieksplorasi. Apa saja destinasi tersembunyi serta aktivitas yang bisa dilakukan? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Kulineran di Sydney       

Berlibur ke Sydney, New South Wales, Australia, kurang lengkap rasanya bila tak menjadikan wisata kuliner sebagai salah satu aktivitas utama. Selain menawarkan beragam destinasi alam dan pantai, Sydney juga memiliki segudang tempat menarik untuk memanjakan lidah.

Berbagai hidangan lezat nan otentik dengan pemandangan memukau bisa kamu temukan dengan mudah di Sydney. Kamu pun bisa menyelami budaya kuliner warga lokal secara langsung.

Baca juga: 7 Festival Musim Dingin di Australia, Berburu Truffle dan Naik Alpaka

Suasana di dalam Quay Restaurant di Sydney dengan panorama Sydney Opera House.Dok. Instagram Quay Suasana di dalam Quay Restaurant di Sydney dengan panorama Sydney Opera House.

Salah satu restoran yang wajib disambangi saat tiba di Sydney adalah Quay. Restoran ini merupakan salah satu yang terbaik dan kerap meraih penghargaan prestisius. Berlokasi strategis, tepat di sisi barat Circular Quay, restoran tersebut punya panorama yang indah.

Dari bangku restoran tersebut, kamu bisa bersantap sekaligus melihat langsung keanggunan bangunan ikonik, Sydney Opera House. Menu yang disuguhkan pun diolah langsung oleh chef andal, Peter Gilmore.

Siap menggoyang lidah, menu menggugah selera yang wajib dijajal adalah White Coral. Kudapan ini terbuat dari ganache cokelat putih ringan yang diaerasi di bawah vakum, lalu dibekukan dengan nitrogen cair sehingga menciptakan struktur berpori menyerupai karang putih.

Bergeser ke pinggiran timur Sydney, kamu bisa merasakan pengalaman bersantap hidangan laut dari atas kapal feri. Restoran dengan konsep unik itu bernama Catalina. Letaknya berada di Lyne Park, Rose Bay, Sydney.

Pemandangan di Catalina benar-benar istimewa. Pengunjung bisa menikmati panorama Pelabuhan Sydney dengan kapal pesiar dan feri yang berlalu-lalang sebagai latar. Jika beruntung, kamu dapat melihat kawanan anjing laut atau lumba-lumba melintas di perairan sekitar restoran.

Baca juga: Mulai dari Circular Quay hingga Jelajah Kafe Instagrammable, Berikut Itinerari Lengkap Liburan 4 Hari di Sydney dan New South Wales

Sydney Rock Oysters, salah satu menu seafood di Catalina Restaurant. Dok. Instagram Catalina Sydney Rock Oysters, salah satu menu seafood di Catalina Restaurant.

Dengan deretan meja bertaplak putih ditata rapi di teras luar kapal lengkap dengan cutleries di atasnya, restoran tersebut siap membuatmu mendapatkan pengalaman berbeda. Hidangan yang disuguhkan disiapkan oleh Executive Chef Catalina Mark Axis. 

Sejumlah menu terbaik yang patut dicoba di restoran tersebut adalah Sydney Rock Oysters, Fresh Poached West Australian Marron, dan Soy Cured King Salmon.

Adapun opsi tempat kuliner lain yang wajib dijajal Adalah Sydney Fish Market, The Grounds of Alexandria, dan Hyde Hacienda Sydney Bar+Lounge. Selain itu, ada pula Doyle's on the Beach di Watsons Bay, serta Ormeggio at the Spit di D’albora Marinas.

2. Titik pandang Bald Hill

Salah satu tujuan wisata spektakuler di kawasan bekas tambang emas Hill End, New South Wales, Australia, adalah titik pandang Bald Hill atau lebih dikenal dengan nama Bald Hill Lookout. Dari tempat ini, kamu bisa leluasa menikmati keindahan alam dari ketinggian, mulai dari pantai hingga perbukitan yang berada di sekitar Kota Wollongong.

Tak hanya pemandangannya yang luar biasa, area tersebut juga dikenal di kancah internasional sebagai salah satu titik layang terbaik. Perintis penerbangan Australia, Lawrence Hargrave, pun berhasil menerbangkan glider monoplane buatannya dari titik layang tersebut pada 12 November 1894.

Baca juga: Itinerary Liburan 5 Hari di Sydney, Kunjungi Tempat Antimainstream

Untuk memperingati keberhasilannya itu, dibangun sebuah tugu di puncak bukit Bald Hill. Tak heran, tempat ini kini kerap digunakan untuk melakukan aktivitas olahraga hang gliding.

Paragliding di Bald Hill Lookout.Dok. Shutterstock Paragliding di Bald Hill Lookout.

Seolah tak pandang waktu, Bald Hill menarik dikunjungi wisatawan, baik saat siang maupun malam hari. Pasalnya, kawasan ini memamerkan panorama alam yang menawan untuk dinikmati dari ketinggian. Selain itu, kamu juga dapat merasakan sensasi hang gliding di Wollongong dari titik layang Bald Hill untuk memacu adrenalin.

Untuk diketahui, Bald Hill menghadap ke Sea Cliff Bridge yang ikonik membentang di sepanjang Grand Pacific Drive.

Adapun lokasi Bald Hill Lookout berjarak sekitar 3 kilometer (km) berkendara dari pusat Kota Hill End dan merupakan tempat yang tepat untuk bersantai dan menikmati matahari terbenam. Setibanya di sana, bersiaplah disambut angin kencang sembari menebar pandangan menyaksikan luasnya cakrawala Australia.

3. Berenang di ocean pool

Selain pantai, salah satu tujuan wisata menarik bertema laut di New South Wales adalah berenang di ocean pool. Seperti sudah membudaya, setiap pantai di New South Wales punya ocean pool yang khas.

Baca juga: Kunjungan Turis Indonesia ke Australia Diprediksi Pulih pada Juni 2022

Untuk diketahui, ocean pool atau pemandian laut merupakan kolam yang terbuat dari pahatan batu karang. Pada umumnya, lokasinya berada persis di bibir pantai. Bahkan, ada yang bersentuhan langsung dengan samudra, salah satunya Bogey Hole di Newcastle.

Ocean pool atau kolam laut Bogey Hole wajib disinggahi untuk menjajal wisata pantai yang lain dari biasanya di New South Wales, Australia.Dok. Shutterstock Ocean pool atau kolam laut Bogey Hole wajib disinggahi untuk menjajal wisata pantai yang lain dari biasanya di New South Wales, Australia.

Bogey Hole wajib kamu datangi saat liburan di New South Wales. Saking menariknya, kolam pinggir laut ini kerap jadi tujuan para pegiat media sosial (medsos) Instagram sebagai destinasi wisata untuk membuat konten.

Ocean pool tersebut terletak di kaki bukit bernama Shepherd Hill. Warga lokal menyebutnya sebagai "Bukit Penggembalaan Domba". Lokasinya persis berhadapan dengan samudra. Pada tepian kolam, dibangun semacam pagar pembatas agar pengunjung tetap aman ketika ombak menghantam kolam.

Ketika berenang di sana, kamu akan merasakan sensasi menarik, yakni saat ombak laut lepas menerjang bagian kolam sehingga memacu adrenalin pengunjung yang berenang.

The Bogey Hole pun punya cerita unik di baliknya. Dahulu, kolam tepi laut ini dipahat langsung oleh para tahanan atau narapidana sebagai kolam pribadi seorang komandan paling berpengaruh di Newcastle bernama James Morisset pada era 1819.

Baca juga: Viral, Video Tempat Wisata Australia dengan Suasana Indonesia, Ada Gerobak Mi Ayam

Tak hanya Newcastle, pantai di Kota Wollongong juga punya ocean pool yang patut dicoba. Berbeda dengan Bogey Hole yang berada di pinggir tebing, kolam laut Continental Pool berada di kawasan ramai dekat pelabuhan Kota Wollongong.

Sensasinya pun tentu berbeda. Saat berenang di Continental Pool, kamu bisa menikmati suasana pelabuhan yang ramai dengan latar yacht berlalu lalang. Ocean pool ini juga dikenal sebagai kolam untuk olimpiade dengan panjang 50 meter, serta ramah bagi penyandang disabilitas.

Ocean pool berikutnya yang bisa dipertimbangkan adalah Coalcliff Rock Pool yang berada di Paterson Road, Coalcliff, New South Wales. Panorama yang ditawarkan kolam laut ini pun tak kalah menarik dengan lainnya karena menghadap samudra dan berlatar belakang Taman Nasional Royal.

Tak hanya itu, tebing megah yang berbatasan langsung dengan pantai juga menambah apik suasana berenang di ocean pool tersebut. Bermain air di kolam ini bisa membuatmu seakan berenang langsung di lautan saking dekatnya dengan samudra. Sambil bersantai, kamu bisa melihat ombak bergulung dengan desir angin laut yang sejuk.

Meski berenang pada siang hari dengan suhu udara mencapai 20 derajat Celcius, air di kolam ini tetap dingin dan menyegarkan. Kamu pun bisa berlama-lama sekaligus mendokumentasikan pemandangan menawan dari sudut kolam Coalcliff Rock Pool.

Baca juga: Serunya Menikmati Sunrise Sambil Naik Perahu Kayak di Sydney

4. Eksplorasi pantai hingga pegunungan

Bila ocean pool-nya saja menarik untuk dinikmati, apalagi pantai dan wilayah pegunungannya. New South Wales memang tak pernah kehabisan tempat untuk dijelajahi.

Salah satu kawasan pesisir yang memukau untuk berwisata di Sydney adalah Central Coast. Jaraknya pun tak terlalu jauh dari Kota Sydney, yakni cukup satu jam perjalanan berkendara ke arah utara Sydney.

Tempat tersebut juga jadi lokasi favorit warga lokal saat akhir pekan karena pelabuhannya memiliki pantai yang indah, desa lokal yang tertata rapi, pusat perbelanjaan, hotel butik otentik, dan juga taman nasional.

Jika bertandang ke sana, sempatkanlah menjelajahi Taman Nasional Bouddi. Di taman ini, kamu dapat mengitari coastal walk sejauh 8 km sambil menyusuri lengkung pesisir pantai bertebing curam.

Kamu bakal dibuat takjub ketika memandang hamparan pasir putih di sepanjang pantai kemudian melintasi kawasan hutan yang rimbun. Menariknya, pada Mei dan November, paus bermigrasi di perairan ini. Jika beruntung, kamu bisa menyaksikan mereka berenang dan muncul ke permukaan.

Baca juga: Naik Transportasi Umum di Sydney? Lebih Praktis Pakai Kartu Opal

Selain Central Coast, kawasan pantai berikutnya di Sydney yang tak boleh dilewatkan adalah Palm Beach. Pasirnya yang berwarna keemasan dengan air laut jernih biru kehijauan selalu berhasil menarik wisatawan untuk liburan ke pantai ini.

Untuk mencapai Palm Beach, kamu bisa naik bus dengan berangkat dari pusat kota Circular Quay dan Central Station ke Palm Beach melalui Northern Beaches Sydney.

Selain dapat menjelajahi kawasan pantai, teluk, dan menembus hutan, kamu juga dapat bersantap di restoran Jonah's. Di restoran ini, kamu dapat menikmati hidangan laut segar dari tepian pantai dan menu kontemporer khas Australia, seperti Wild Caught Fish dan Ocean Trout Fillet.

Petualangan lainnya yang tak kalah seru adalah liburan di Port Stephens. Kawasan pesisir satu ini memiliki gulungan ombak yang menawan bagi para peselancar yang tersebar di beberapa pantai, seperti Zenith, Wreck, Box, dan Samurai.

Pun demikian bagi penyelam, Port Stephens adalah salah satu surganya. Kamu pun berkesempatan scuba diving dan berinteraksi langsung dengan grey nurse shark.

Baca juga: Sejarah Sydney, Kota Tertua di Australia

Keunikan Port Stephens tak hanya dari wisata baharinya. Kawasan ini pun punya bukit pasir yang tak kalah seru untuk dijelajahi, yakni di Anna Bay dan bukit pasir Stockton Bight.

Tak hanya lautnya yang memesona, wisata alam pegunungan Sydney pun bakal membuatmu terpukau. Salah satunya adalah Blue Mountains World Heritage Area.

Kawasan yang terbentang sepanjang 140 km tersebut menawarkan beragam aktivitas dan destinasi wisata, seperti trekking, Echo Point Lookout, Sublime Point Lookout, Lincoln’s Rock, The Three Sisters, dan kereta gantung Scenic Skyway di Katoomba.

Untuk menikmati panorama hutan eukaliptus dengan luas pandang 360 derajat, tempat yang wajib kamu datangi adalah Sublime Point Lookout. Dari titik pandang ini, kamu bisa menikmati bentangan alam Jamison Valley dan melihat secara jelas landmark Blue Mountains, seperti The Three Sisters, Castle Head, The Ruined Castle, Mount Solitary, dan Lincoln’s Rock.

Kanguru di antara kebun anggur di kawasan Hunter Valley, New South Wales, Australia. Inilah salah satu surga bagi pencinta anggur.Dok. Shutterstock Kanguru di antara kebun anggur di kawasan Hunter Valley, New South Wales, Australia. Inilah salah satu surga bagi pencinta anggur.

Masih di kawasan dataran tinggi, tempat berikutnya yang patut didatangi pencinta anggur adalah Hunter Valley. Kawasan kebun anggur ini adalah salah satu surga untuk mengeksplorasi cita rasa anggur khas Australia. Kamu pun bisa ikut kelas cicip anggur untuk menjajal bagaimana cita rasa anggur lawas nan langka.

Baca juga: Paling Banyak Dikunjungi Turis, Ini 6 Tempat Wisata Gratis di Sydney

Untuk diketahui, Hunter Valley rutin mengadakan beragam festival di berbagai titik kilang anggur setiap tahunnya. Kamu bisa mampir pada momentum tersebut untuk menikmati suasana festival anggur bersama warga lokal.

Jika ingin menjajal pengalaman liburan yang berbeda dengan mengendarai mobil, Grand Pacific Drive bisa kamu masukkan dalam itinerari. Perjalanan sepanjang 140 km akan membawamu berkelana melewati hutan hujan lebat mulai dari Royal National Park, melewati Sea Cliff Bridge, menyusuri kota pesisir di Wollongong, hingga South Coast of New.

Sepanjang road trip tersebut, kamu juga akan diajak mampir sejenak ke pantai, kulineran dan menjajal anggur Australia, serta berinteraksi langsung dengan warga lokal.

Nah, itulah rekomendasi destinasi yang bisa dimasukkan dalam itinerari liburan di New South Wales. Paling tidak, kamu membutuhkan empat hari untuk menuntaskan seluruh destinasi tersebut. Untuk menunjang liburan yang menyenangkan dengan biaya efisien, kamu bisa mengoptimalkan berbagai promo, salah satunya dari Golden Rama Tour and Travel.

Untuk diketahui, Golden Rama Tours & Travel menghadirkan dua produk land only yang bisa kamu optimalkan untuk liburan ke Sydney. Pertama, 4 Hari Pack & Go Sydney dengan harga mulai dari Rp 10,8 juta. Kedua, 4 Hari Free & Easy Sydney dengan harga mulai dari Rp 3,8 juta per orang.

Baca juga: Inilah 5 Destinasi Wisata Paling Laris di New South Wales

Dengan membeli paket liburan tersebut, kamu berkesempatan mendapatkan cashback hingga Rp 2 juta dengan kemudahan cicilan 0 persen hingga 6 bulan. Dengan begitu, kamu bisa lebih hemat bujet.

Sebagai informasi, pada 2022, Golden Rama Tours & Travel hadir sebagai travel experience enabler yang berkomitmen memberikan layanan prima untuk kenyamanan para calon wisatawan.

Seiring situasi pandemi Covid-19 yang kembali pulih, Golden Rama Tours & Travel pun mendorong traveler mengatur perjalanan dengan lebih terencana. Hal ini diwujudkan dengan menghadirkan program “Booking Jauh Hari, Bikin Tenang di Hati”. Tujuannya, untuk membantu traveler mendapatkan kenyamanan saat melakukan perjalanan wisata.

Tak hanya itu, demi memberikan kemudahan dan kenyamanan traveler, Golden Rama Tours & Travel juga menghadirkan layanan Golden Rama E-Travel Assistant atau GRETA. Layanan ini dapat membantu wisatawan merencanakan perjalanan ke #NewSouthWales, Australia.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Australia, serta produk dan promo Golden Rama Tours & Travel, follow Instagram @goldenramatours, @sydney, dan @visitnsw. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan layanan GRETA di nomor WhatsApp 0815 1122 1133.

 

 


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.