BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Golden Rama

Jangan Absen Menyambangi 4 Tempat Wisata di New South Wales Berikut biar Liburan Makin Berkesan

Kompas.com - 29/07/2022, 12:42 WIB

KOMPAS.com - Apa yang terlintas dalam benak ketika mendengar New South Wales, Australia? Sebagian besar orang mungkin langsung mengingat salah satu landmark populer di Australia, yaitu Sydney Opera House.

Namun, landmark tersebut bukan satu-satunya destinasi wisata menarik yang bisa dijelajahi saat liburan ke New South Wales. Negara bagian Benua Kanguru yang terkenal akan komoditas wine-nya ini punya deretan tempat wisata apik lain yang patut untuk dieksplorasi.

Salah satu destinasi wisata unik di New South Wales yang tak banyak dimiliki negara lain adalah ocean pool. Sebagai informasi, ocean pool merupakan kolam yang terbuka untuk umum dan terdapat di bibir laut.

Ocean pool terbilang unik karena dapat memberikan pengalaman berenang langsung menghadap samudra bagi pelancong. Menariknya lagi, sebagian besar pantai di New South Wales pun punya ocean pool dengan karakteristik yang berbeda-beda. 

Baca juga: Pola Perjalanan Wisata Berubah, Golden Rama Tingkatkan Layanan demi Kenyamanan Konsumen

Ada pula bukit pasir yang memungkinkan wisatawan melakukan sand boarding tanpa harus pergi ke padang gurun. Selain itu, apa saja destinasi wisata menarik lainnya di New South Wales yang patut dicoba agar liburan makin berkesan? Berikut ulasannya.

1. Port Stephens

Salah satu destinasi yang wajib disinggahi saat berlibur ke Negeri Kanguru adalah Port Stephens yang berada di Hunter Region, New South Wales.

Port Stephens merupakan estuari yang menyuguhkan beragam aktivitas wisata komplet, mulai dari scuba diving, sand boarding, mengamati paus bungkuk, berenang bersama lumba-lumba, hingga melihat koala liar, bisa dilakukan di sana.

Titik temu antara air laut dan tawar itu ideal bagi wisatawan yang ingin memacu adrenalin di pesisir New South Wales. Dari sekian banyak pantai di Port Stephens, salah satu yang memukau adalah Zenith Beach.

Wisatawan sedang sand boarding di Stockton Sand Dunes, Port Stephens, Australia. Shutterstock/Take everything Wisatawan sedang sand boarding di Stockton Sand Dunes, Port Stephens, Australia.

Hamparan pasir pantai yang landai dan luas membuat Zenith Beach nyaman untuk sekadar bersantai menikmati panorama laut dan senja di horizon bersama sahabat ataupun keluarga. Pantai ini juga memiliki salah satu spot dengan ombak tinggi yang biasa ditunggangi peselancar profesional.

Kamu yang ingin belajar berselancar juga bisa mengambil kursus selancar di Port Stephens Surf School. Kamu juga bisa menyewa papan selancar atau paddle board di tempat kursus ini.

Baca juga: Plesiran ke Sydney dan New South Wales, Berikut Aktivitas dan Destinasi Wisata yang Bisa Dijadikan Panduan

Adapun pantai lain yang bisa ditilik selain Zenith Beach adalah Wreck, Box, dan Samurai.

Untuk merasakan pengalaman wisata pantai yang berbeda, cobalah atraksi sand boarding di bukit pasir Stockton Sand Dunes. Tempat ini adalah salah satu bukit pasir terbesar di Australia.

Bagi pemula, tak usah takut atau khawatir untuk menjajal atraksi satu ini. Staf yang ramah dan profesional senantiasa memastikan setiap pengunjung merasa nyaman serta aman saat menikmati wahana ini.

Menyaksikan paus bungkuk bermigrasi di perairan New South Wales, Australia.Shutterstock/Anne Powell Menyaksikan paus bungkuk bermigrasi di perairan New South Wales, Australia.

Ada dua titik luncur yang bisa dipilih sesuai kesiapan nyali, yaitu dari ketinggian 30 meter dan 50 meter. Setiba di titik luncur, kamu akan diberi sebuah papan luncur. Kemudian, kamu diarahkan duduk di atasnya dengan kaki ditekuk ke depan.

Setelah itu, kamu bisa langsung meluncur menuruni bukit pasir nan lembut. Kamu pun bisa merasakan sensasi mendebarkan yang memacu adrenalin.

Baca juga: Mulai dari Circular Quay hingga Jelajah Kafe Instagrammable, Berikut Itinerari Lengkap Liburan 4 Hari di Sydney dan New South Wales

Sebelum menikmati atraksi tersebut, jangan lupa untuk membawa sunblock, air minum, dan kacamata hitam. Kenakan pula pakaian kasual agar dapat meluncur dengan nyaman. Abadikan pula setiap momen menarik di bukit pasir agar pengalaman liburan jadi tak terlupakan.

Aktivitas menarik lain yang bisa dijajal adalah mendaki puncak Mount Tomaree di Tomaree National Park dengan jalur sepanjang 1 kilometer (km). Puncak gunung ini merupakan titik ideal untuk mengamati rombongan paus bungkuk yang bermigrasi melintasi samudra.

2. Grand Pacific Drive

Self-drive holiday ke Grand Pacific Drive akan jadi pengalaman tak terlupakan ketika berlibur di New South Wales. Apalagi, jika kunjunganmu dilakukan bersama orang-orang terdekat, seperti keluarga atau sahabat. 

Grand Pacific Drive merupakan sebuah jalan yang panjangnya mencapai 140 km. Kamu bisa menyewa mobil untuk menjajal pengalaman mengemudi sendiri di New South Wales seraya menyusuri kota pesisir dengan berbagai panorama memukau.

Dengan berkendara di jalur tersebut, kamu bakal disuguhi keindahan hutan hujan dan pantai yang memesona. Hal ini sesuai tagline kebanggaan warga setempat, “One Drive. One Ocean. Endless Experience.”

Baca juga: Tips Wisata ke Blue Mountains Australia, Siapkan Mental

Untuk diketahui, Grand Pacific Drive bisa dijelajahi dengan titik awal Royal National Park yang berjarak kurang dari satu jam berkendara dari Sydney. Dari tempat ini, kamu akan diarahkan ke Kota Wollongong.

Panorama jembatan tebing laut di jalan raya Grand Pacific Drive yang indah di New South Wales, Australia, sepanjang pantai pasifik. Shutterstock/Taras Vyshnya Panorama jembatan tebing laut di jalan raya Grand Pacific Drive yang indah di New South Wales, Australia, sepanjang pantai pasifik.

Grand Pacific Drive sendiri berada di Wollongong yang merupakan daerah pesisir. Kota ini diapit Samudra Pasifik di sisi timur dan pegunungan batu di sebelah barat. Sepanjang perjalanan self-drive, kamu akan dibuat takjub dengan keindahan 17 pantai serta memiliki pelabuhan-pelabuhan bersejarah di kota ini.

Selanjutnya, dari Wollongong, kamu bisa langsung meluncur ke kawasan Shellharbour. Kota kecil ini memiliki banyak danau, laguna, dan pantai legendaris bagi peselancar.

Beranjak dari Shellharbour, kamu dapat melanjutkan perjalanan ke Kota Kiama. Suasana maritim begitu kental di kota ini. Karena dikelilingi pantai-pantai yang indah, kamu bisa melihat bangunan mercusuar yang berdiri gagah di tiap pantai kota ini.

Adapun ujung destinasi rute self-drive Grand Pacific Drive tersebut adalah Kota Shoalhaven. Kota ini berada di kawasan taman nasional sehingga wisatawan akan disuguhi pemandangan kota berlatar tebing-tebing curam.

Baca juga: 4 Pilihan Wisata Saat Traveling ke Blue Mountains Australia

Di kota itu kamu juga bisa mampir ke sejumlah tempat wisata unggulan, seperti Kangaroo Valley, Berry, Shoalhaven Heads, Coolangatta, dan Greenwell Point.

3. Blue Mountains

Jalan-jalan ke New South Wales rasanya kurang lengkap bila tak menyempatkan diri untuk singgah ke kawasan pegunungan populer, yaitu Blue Mountains World Heritage Area.

Dari Kota Sydney, kamu bisa tiba di sana dengan menggunakan kereta Blue Mountains Line menuju Katoomba.

Berbagai panorama menawan siap memanjakan mata wisatawan, mulai dari Echo Point Lookout, Sublime Point Lookout, Lincoln’s Rock, hingga The Three Sisters.

Salah satu atraksi wisata yang kerap dikunjungi wisatawan adalah Three Sisters. Atraksi berupa formasi bebatuan unik ini terletak di Echo Point, Katoomba, yang jaraknya sekitar 2,5 km dari Great Western Highway.

Baca juga: Mendaki Blue Mountains, Menikmati Jalur Petualangan Penuh Cerita

Sunset dari titik pandang Three Sisters di Blue Mountains, New South Wales, Australia. Shutterstock/Sahara Prince Sunset dari titik pandang Three Sisters di Blue Mountains, New South Wales, Australia.

Menurut legenda suku Aborigin, Three Sisters merupakan representasi dari tiga saudari yang diubah menjadi batu. Konon, tiga saudari tersebut bernama Meehni, Wimlah, dan Gunnedoo. Dulu, mereka adalah anggota suku Katoomba yang tinggal di Jamison Valley.

Selain punya legenda menarik, Three Sisters juga menawarkan pemandangan menakjubkan. Tampilan batuan tersebut kerap terlihat berubah saat dikunjungi pada waktu berbeda. Hal ini merupakan efek pantulan cahaya matahari sehingga memberi kesan bentuk berlainan saat dikunjungi pada pagi, siang, atau sore hari.

Jika ingin melihat batuan ikonik itu dari dekat, kamu bisa mendaki dari Honeymoon Bridge. Sempatkan pula mampir ke Waradah Aboriginal Centre di Echo Point untuk mengetahui lebih lanjut seputar Three Sisters.

Baca juga: Serunya Menikmati Sunrise Sambil Naik Perahu Kayak di Sydney

Destinasi berikutnya yang wajib disambangi adalah Sublime Point Lookout, yaitu sebuah platform titik pandang untuk menikmati panorama alam Blue Mountains. Titik pandang ini memudahkan wisatawan untuk melihat Jamison Valley dengan sudut pandang hingga 360 derajat.

Dari situ pula kamu bisa melihat secara jelas landmark Blue Mountains, seperti The Three Sisters, Castle Head, The Ruined Castle, Mount Solitary, dan Lincoln’s Rock.

Wisatawan bermain ski di Perisher Valler, Snowy Mountains, New South Wales, Australia. Shutterstock/Elisabeth Smet Wisatawan bermain ski di Perisher Valler, Snowy Mountains, New South Wales, Australia.

4. Snowy Mountains

Tak hanya pantai dan hutan hujan yang menawan, New South Wales juga menawarkan destinasi wisata bertema salju di Snowy Mountains. Untuk bisa menjajal pengalaman ini, datanglah pada Juni hingga Agustus. 

Kamu perlu menempuh perjalanan menggunakan mobil selama enam jam untuk mencapai kawasan Snowy Mountains dari Kota Sydney.

Sebagai informasi, Snowy Mountains adalah nama lain dari Taman Nasional Kosciuszko. Terdapat tiga resort salju di kawasan ini yang termasuk dalam kawasan New South Wales, yaitu Thredbo, Perisher, dan Selwyn.

Dari ketiga resort tersebut, kamu dapat memilih yang paling sesuai preferensi untuk dikunjungi. Adapun resort yang lebih mudah dicapai dari Sydney dan cocok bagi pemula adalah Perisher.

Resor Perisher menyediakan beragam fasilitas penunjang bagi pengunjung, mulai dari food court, medical centre, tempat penyewaan peralatan ski atau snowboard, penginapan, dan hingga stasiun kereta (skytube) dari dan ke dasar bukit, yakni Bullock Flat.

Baca juga: Itinerary Liburan 5 Hari di Sydney, Kunjungi Tempat Antimainstream

Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas di resort tersebut, seperti main ski, snowboarding, dan berseluncur menggunakan toboggan atau tube (ban besar). Kamu bisa menyewa tube dengan merogoh kocek 5 dollar Australia dari tempat rental di Jindabyne.

Jika ingin belajar ski, kamu bisa ambil kursus singkat, mulai dari tingkat pemula hingga advanced. Adapun biaya kursus tingkat pemula bagi orang dewasa sebesar 120 dollar Australia dengan durasi 2,5 jam. Sementara, untuk anak-anak dibanderol seharga 88 dollar Australia.

Saat liburan di Snowy Mountains, jangan lupa bawa kamera pocket atau smartphone untuk mengabadikan momen seru berlatar pegunungan bersalju. Dengan begitu, ada kenangan manis yang bisa dibawa pulang ke Indonesia.

Nah, itulah empat destinasi wisata di New South Wales yang bisa kamu sambangi untuk mendapat pengalaman berbeda. 

Agar liburan ke New South Wales lebih menyenangkan dan efisien biaya, kamu bisa mengoptimalkan berbagai promo, salah satunya dari Golden Rama Tour & Travel.

Baca juga: Sejarah Sydney, Kota Tertua di Australia

Untuk diketahui, Golden Rama Tours & Travel menghadirkan dua produk land only yang bisa kamu optimalkan untuk liburan ke Sydney. Pertama, 4 Hari Pack & Go Sydney dengan harga mulai dari Rp 10,8 juta. Kedua, 4 Hari Free & Easy Sydney dengan harga mulai dari Rp 3,8 juta per orang.

Dengan membeli paket liburan tersebut, kamu berkesempatan mendapatkan cashback hingga Rp 2 juta dengan kemudahan cicilan 0 persen hingga 6 bulan. Dengan begitu, kamu bisa lebih hemat bujet.

Sebagai informasi, pada 2022, Golden Rama Tours & Travel hadir sebagai travel experience enabler yang berkomitmen memberikan layanan prima untuk kenyamanan para calon wisatawan.

Seiring situasi pandemi Covid-19 yang kembali pulih, Golden Rama Tours & Travel pun mendorong traveler mengatur perjalanan dengan lebih terencana. Hal ini diwujudkan dengan menghadirkan program “Booking Jauh Hari, Bikin Tenang di Hati”. Tujuannya, untuk membantu traveler mendapatkan kenyamanan saat melakukan perjalanan wisata.

Tak hanya itu, demi memberikan kemudahan dan kenyamanan traveler, Golden Rama Tours & Travel juga menghadirkan layanan Golden Rama E-Travel Assistant atau GRETA. Layanan ini dapat membantu wisatawan merencanakan perjalanan ke #NewSouthWales, Australia.

Baca juga: Sosok Rio Waida, Peselancar Asal Bali yang Cetak Sejarah di Sydney Surf Pro 2022 di Australia

Untuk informasi lebih lanjut tentang Australia, serta produk dan promo Golden Rama Tours & Travel, follow Instagram @goldenramatours, @sydney, dan @visitnsw. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan layanan GRETA di nomor WhatsApp 0815 1122 1133. 


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Panduan Naik Jip Menyusuri Ngarai Sianok, Harga dan Rutenya

Panduan Naik Jip Menyusuri Ngarai Sianok, Harga dan Rutenya

Travel Promo
Absen 2 Tahun, Kontes Roket Air Taman Pintar Yogyakarta Digelar Lagi

Absen 2 Tahun, Kontes Roket Air Taman Pintar Yogyakarta Digelar Lagi

Travel Update
5,9 Juta Wisatawan Kunjungi Malang Sepanjang 2022

5,9 Juta Wisatawan Kunjungi Malang Sepanjang 2022

Travel Update
Wisata Petik Stroberi di Lereng Gunung Singgalang

Wisata Petik Stroberi di Lereng Gunung Singgalang

Jalan Jalan
15 Hotel Dekat Malioboro, Instagramable dan Nyaman buat Nginap

15 Hotel Dekat Malioboro, Instagramable dan Nyaman buat Nginap

Travel Promo
Mengapa Pendakian Gunung Gede Pangrango Tutup Saat 17 Agustus?

Mengapa Pendakian Gunung Gede Pangrango Tutup Saat 17 Agustus?

Travel Update
Wisata Sejarah Bakal Hadir di Kota Malang, Pemkot Siapkan Penataan Kawasan Kayutangan

Wisata Sejarah Bakal Hadir di Kota Malang, Pemkot Siapkan Penataan Kawasan Kayutangan

Travel Update
Mal hingga Sungai Han, Lokasi Terdampak Banjir di Korea Selatan

Mal hingga Sungai Han, Lokasi Terdampak Banjir di Korea Selatan

Travel Update
3 Fakta Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak yang Baru Diresmikan Jokowi

3 Fakta Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak yang Baru Diresmikan Jokowi

Travel Update
5 Tips Keliling Ngarai Sianok di Sumatera Barat Naik Jip Offroad

5 Tips Keliling Ngarai Sianok di Sumatera Barat Naik Jip Offroad

Travel Tips
Berwisata ke Bantul Saat Bulan Suro, Ada Banyak Event Budaya

Berwisata ke Bantul Saat Bulan Suro, Ada Banyak Event Budaya

Travel Update
Festival Golo Koe di Labuan Bajo, Momentum Tingkatkan Kualitas UMKM Lokal

Festival Golo Koe di Labuan Bajo, Momentum Tingkatkan Kualitas UMKM Lokal

Travel Update
Kebun 123, Wisata Tanaman Hias di Kabupaten Malang yang Instagramable

Kebun 123, Wisata Tanaman Hias di Kabupaten Malang yang Instagramable

Jalan Jalan
Sanur Bali Bakal Jadi KEK Kesehatan dan Pusat Wisata Medis

Sanur Bali Bakal Jadi KEK Kesehatan dan Pusat Wisata Medis

Travel Update
Pop Art Jakarta 2022 Digelar Mulai 12 Agustus, Ini Cara Pesan Tiketnya

Pop Art Jakarta 2022 Digelar Mulai 12 Agustus, Ini Cara Pesan Tiketnya

Travel Update
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.