Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Masuk TN Komodo Naik 1 Agustus, Bagaimana Jika Sudah Beli Tiket?

Kompas.com - 29/07/2022, 15:04 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Biaya masuk ke Taman Nasional Komodo naik per Senin, 1 Agustus 2022.

Namun, biaya yang disebut kontribusi konservasi tersebut hanya berlaku bagi pengunjung yang akan datang ke Pulau Komodo, Pulau Padar, dan Kawasan Perairan sekitarnya.

Baca juga: Biaya Konservasi TN Komodo RP 3,75 Juta, Untuk Apa Saja?

Biaya kontribusi konservasi berlaku secara kolektif untuk empat orang wisatawan, yakni Rp 15 juta. Biaya ini berlaku untuk satu tahun masa kunjungan.

Nantinya, pengunjung bisa terlebih dahulu melakukan reservasi di platform INISA yang telah dipersiapkan.

Lalu, bagaimana dengan wisatawan yang sudah telanjur memesan tiket wisata ke Pulau Komodo, Pulau Padar, dan kawasan perairan sekitarnya?

Baca juga: Ramai Dibincangkan, Berapa Harga Tiket Masuk TN Komodo Saat Ini?

Jika sudah telanjur beli tiket TN Komodo

Bupati Kabupaten Manggarai Barat, Edistasius Endi mengatakan, wisatawan dan tur operator yang sudah memesan paket wisata ke Pulau Komodo sebelum kebijakan diberlakukan, maka akan diberikan dispensasi.

Artinya, mereka mendapatkan harga normal hingga akhir tahun.

"Silakan bagi mereka yang sudah membeli paket, ya berlaku harga normal sampai akhir tahun. Sedangkan bagi mereka yang belum memesan paket wisata, berlaku harga kontribusi," kata Edistasius dalam Konferensi Pers Taman Nasional Komodo: Peluncuran Sistem Wildlife Komodo, secara daring, Jumat (29/07/2022).

Baca juga: 4 Fakta Bandara Komodo di Labuan Bajo yang Baru Diresmikan Jokowi

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Pelaksana Program Penguatan Fungsi TN Komodo Carolina Noge menyampaikan bahwa para tur operator yang telah memesan paket wisata menuju Pulau Komodo, Pulau Padar, dan kawasan Perairan sekitarnya dapat menyerahkan data-data pendaftaran ke pihaknya.

Hal itu dilakukan agar ada pendataan tentang siapa saja yang sudah memesan tiket sebelum biaya kontribusi diterapkan.

"Para tur operator bisa menyerahkan data-data berupa tanggal keberangkatan, destinasi tujuan, aktivitas, daftar nama wisatawan, nama kapal, nama tur operator, dan bukti pembayaran melalui email info@flobamor.co.id untuk pendaftaran yang dilakukan dengan harga normal sebelum berlakunya kontribusi konservasi ini," kata Carolina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com