Kompas.com - 29/07/2022, 15:04 WIB

KOMPAS.com - Biaya masuk ke Taman Nasional Komodo naik per Senin, 1 Agustus 2022.

Namun, biaya yang disebut kontribusi konservasi tersebut hanya berlaku bagi pengunjung yang akan datang ke Pulau Komodo, Pulau Padar, dan Kawasan Perairan sekitarnya.

Baca juga: Biaya Konservasi TN Komodo RP 3,75 Juta, Untuk Apa Saja?

Biaya kontribusi konservasi berlaku secara kolektif untuk empat orang wisatawan, yakni Rp 15 juta. Biaya ini berlaku untuk satu tahun masa kunjungan.

Nantinya, pengunjung bisa terlebih dahulu melakukan reservasi di platform INISA yang telah dipersiapkan.

Lalu, bagaimana dengan wisatawan yang sudah telanjur memesan tiket wisata ke Pulau Komodo, Pulau Padar, dan kawasan perairan sekitarnya?

Baca juga: Ramai Dibincangkan, Berapa Harga Tiket Masuk TN Komodo Saat Ini?

Jika sudah telanjur beli tiket TN Komodo

Bupati Kabupaten Manggarai Barat, Edistasius Endi mengatakan, wisatawan dan tur operator yang sudah memesan paket wisata ke Pulau Komodo sebelum kebijakan diberlakukan, maka akan diberikan dispensasi.

Artinya, mereka mendapatkan harga normal hingga akhir tahun.

"Silakan bagi mereka yang sudah membeli paket, ya berlaku harga normal sampai akhir tahun. Sedangkan bagi mereka yang belum memesan paket wisata, berlaku harga kontribusi," kata Edistasius dalam Konferensi Pers Taman Nasional Komodo: Peluncuran Sistem Wildlife Komodo, secara daring, Jumat (29/07/2022).

Baca juga: 4 Fakta Bandara Komodo di Labuan Bajo yang Baru Diresmikan Jokowi

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Pelaksana Program Penguatan Fungsi TN Komodo Carolina Noge menyampaikan bahwa para tur operator yang telah memesan paket wisata menuju Pulau Komodo, Pulau Padar, dan kawasan Perairan sekitarnya dapat menyerahkan data-data pendaftaran ke pihaknya.

Hal itu dilakukan agar ada pendataan tentang siapa saja yang sudah memesan tiket sebelum biaya kontribusi diterapkan.

"Para tur operator bisa menyerahkan data-data berupa tanggal keberangkatan, destinasi tujuan, aktivitas, daftar nama wisatawan, nama kapal, nama tur operator, dan bukti pembayaran melalui email info@flobamor.co.id untuk pendaftaran yang dilakukan dengan harga normal sebelum berlakunya kontribusi konservasi ini," kata Carolina.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.