Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Wisata Morotai di Maluku Utara, Telusuri Peninggalan Perang Dunia II

Kompas.com - 29/07/2022, 18:06 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Morotai yang berlokasi di Pulau Morotai, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara, memiliki beragam potensi wisata yang unggul. 

Berada di tengah Samudera Pasifik, Pulau Morotai dulunya merupakan salah satu basis militer pada Perang Dunia II yang kini kaya akan barang peninggalan bersejarah.

Baca juga: Mau Wisata Sejarah Sambil Menikmati Alam Bawah Laut? Coba Diving Bernuansa Perang Dunia II di Morotai

Tak hanya menjadi wisata sejarah, KEK Morotai juga memiliki keunggulan wisata bahari dengan keindahan pantai dan bawah laut yang menawan.

Hamparan pasir putih, air laut yang jernih, serta terumbu karang merupakan beberapa daya tarik utama wisata KEK Morotai, dikutip dari laman Sekretariat Dewan Nasional KEK, Jumat (29/07/2022). 

Baca juga:

Jika penasaran, berikut enam destinasi wisata menarik yang bisa kamu kunjungi di KEK Morotai, seperti yang Kompas.com rangkum dari Wonderful Indonesia, Kompas.com, dan laman resmi lainnya. 

 

1. Pulau Dodola

Pulau Dodola menjadi daya tarik utama wisatawan yang berkunjung ke Morotai. Terbagi menjadi dua, Dodola besar dan Dodola kecil, kedua pulau ini hanya bejarak 500 meter yang dipisahkan oleh air laut saat pasang.

Bila dilihat dari udara, bentangan pasir putih di Pulau Dodola tampak seperti jembatan yang membelah lautan. DOK. SHUTTERSTOCK Bila dilihat dari udara, bentangan pasir putih di Pulau Dodola tampak seperti jembatan yang membelah lautan.

Sehingga, kamu bisa merasakan sensasi seolah-olah berjalan kaki menyeberang lautan, saat air surut. 

Tak hanya pulau indah dan pasir putih, ada berbagai kegiatan bawah laut yang bisa dilakukan di pulau Dodola, seperti di antaranya snorkeling dan diving.

Baca juga: 5 Keindahan Maluku Utara, Provinsi dengan Penduduk Paling Bahagia

Dikutip dari Kompas.com (20/10/2021), perairan di pulau ini juga menjadi rumah bagi hiu sirip hitam atau blacktip reef shark.

Untuk diketahui, hiu yang statusnya hampir terancam punah ini sering ditemukan di daerah terumbu karang pada kedalaman 2-10 meter. 

2. Tanjung Gorango

Tanjung Gorango yang berada di antara desa Gorua dan Korago, Kecamatan Morotai Utara, menjadi tempat wajib untuk dikunjungi selama di Morotai.

Di Morotai, tersebar lokasi wisata bahari seperti Pulau Kokoya, Pulau Zumzum, Pasir Putih, Tanjung Gorango, serta lokasi-lokasi menyelam dan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut.ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK A Di Morotai, tersebar lokasi wisata bahari seperti Pulau Kokoya, Pulau Zumzum, Pasir Putih, Tanjung Gorango, serta lokasi-lokasi menyelam dan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut.

Wisata ini akan memanjakan mata dengan lanskap lautan berwarna biru toska dan pemandangan hijau khas hutan tropis. Untuk yang mencari suasana tenang, datanglah ke sini karena letaknya jauh dari keramaian.

Baca juga: 5 Rekomendasi Penginapan di Kepulauan Kei Maluku, Ada yang di Tepi Pantai

Oleh sebab itu, wisatawan diimbau membawa perbekalan makanan serta minuman sendiri, sebab Tanjung Gorango berjarak sekitar 63 kilometer atau tiga jam perjalanan dari Desa Daruba.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com