Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai Laing Lewe, Pantai Pasir Putih Terpanjang di Manggarai Timur, NTT

Kompas.com - 30/07/2022, 19:07 WIB
Markus Makur,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

DAMPEK, KOMPAS.com- Pantai Laing Lewe merupakan Pantai pasir putih terpanjang di Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pantai ini berlokasi di Desa Satar Padut, Kecamatan Lambaleda Utara (LAUT). Lokasi pantai berada tak jauh dari Kota Dampek, Ibukota Kecamatan Lambaleda Timur.

Jumat, (29/7/2022), Kompas.com dipandu oleh Yuvens Keor dan Guru Petuk berwisata di pantai ini yang masih tersembunyi di pesisir utara dari Kabupaten Manggarai Timur ini.

Baca juga: Berburu Matahari Terbit di Pesisir Selatan Manggarai Timur NTT

Lokasinya memang sangat tersembunyi dari jalan raya Trans Pantai Utara (Pantura) dari Labuan Bajo ke Maumere.

Saat berwisata, wisatawan harus menyusuri kawasan hutan dari pinggir jalan Trans Pantura. Wisatawan akan disuguhi suara burung di kawasan hutan tersebut dan suara monyet.

Yuvens Keor dan Guru Petuk kepada Kompas.com menjelaskan, Pantai Laing Lewe kebanyakan dikunjungi masyarakat lokal Dampek.

Baca juga: Pantai SUT Dampek, Tempat Berjemur dan Selfie di Lambaleda Utara NTT

Pantai ini masih sangat asli dengan pasir putih yang memanjang dari bagian barat sampai timur sampai Tanjung Laing Lewe.

Pasir putih tidak lengket di badan dan sangat cocok untuk berjemur bagi wisatawan pada pagi hari. Sore harinya, wisatawan bisa menikmati matahari terbenam.

Berjejeran pantai di Dampek

Ada banyak pantai di wilayah Dampek. Dari arah Barat, wisatawan bisa berwisata di Pantai Ronting, Pantai SUT, Kampung Ninge, Kampung tua di bawah laut, Pantai Nanga Lirang, Tanjung Dampek hingga ke arah Timur. Ada pula tempat wisata danau dan goa alam.

Bupati Manggarai Timur Agas Andreas saat Gala Dinner, Rabu, (27/7/2022) mengajak pengelola pantai SUT dari Keuskupan Ruteng untuk membangun homestay di Dampek supaya wisatawan yang berwisata menginap di homestay.

Pantai Laing Lewe, Pantai pasir putih terpanjang di Kabupaten Manggarai Timur, NTT yang terletak di Desa Satarpadut, Kecamatan Lambaleda Utara (LAUT), Jumat, (29/7/2022). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Pantai Laing Lewe, Pantai pasir putih terpanjang di Kabupaten Manggarai Timur, NTT yang terletak di Desa Satarpadut, Kecamatan Lambaleda Utara (LAUT), Jumat, (29/7/2022). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)

Sementara itu, Camat Lambaleda Utara Agustinus Supratman saat Gala Dinner, Rabu, (27/7/2022) menjelaskan, Pantai di Pantai Utara (Pantura) yang berlokasi di Dampek, Ibukota Kecamatan Lambaleda Utara sangat cocok berwisata pantai.

Baca juga: Pantai SUT Dampek, Tempat Berjemur dan Selfie di Lambaleda Utara NTT

"Sejumlah pantai dari arah Barat dari kecamatan ini sangat potensi untuk dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal, Nusantara dan mancanegara. Bahkan jalan rayanya sudah hotmix," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com