Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Matahari Terbenam di Pantai Nanga Lirang NTT

Kompas.com - 01/08/2022, 10:09 WIB
Markus Makur,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

DAMPEK, KOMPAS.com - Berburu sunset alias matahari terbenam bisa dilakukan di sejumlah pantai di pesisir pantai utara (pantura) Flores, seperti Pantai Nanga Lirang, Sunset Under the Sky (SUT), dan Pantai Dampek.

Tepatnya di Desa Satarpadut, Kecamatan Lambaleda Utara (LAUT), Kabupaten Manggarai Timur, NTT.

Lasarus Gon, seorang warga Lambaleda yang kerap main ke pantai pada momen sunset, pada Minggu (31/07/2022) sore terlihat berada di ujung Pantai Nanga Lirang.

Baca juga: Pantai SUT Dampek, Tempat Berjemur dan Selfie di Lambaleda Utara NTT

Ia biasa datang pada akhir pekan ke pantai-pantai di sana dari Kampung Ajang, Kecamatan Lambaleda, untuk menikmati momen tersebut.

"Biasanya akhir pekan saya datang dari Kampung Ajang, Kecamatan Lambaleda berwisata untuk menikmati sunset di pantai Nanga Lirang dan beberapa pantai lainnya," ucap laki-laki yang akrab disapa Gonzales itu, Minggu.

Baca juga: Pantai Laing Lewe, Pantai Pasir Putih Terpanjang di Manggarai Timur, NTT

Masih belum banyak diketahui

Gonzales berharap potensi pariwisata pesisir pantura di Dampek itu bisa dipromosikan secara lebih luas sehingga dapat menarik lebih banyak wisatawan berkunjung.

Keindahan Pantai Nanga Lirang, Desa Satar Padut, Kecamatan Lambaleda Utara, Kabupaten Manggarai Timur sebagai pantai terpanjang di kawasan pantai utara (Pantura) dari Manggarai Timur, NTT, Jumat, (29/4/2022). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Keindahan Pantai Nanga Lirang, Desa Satar Padut, Kecamatan Lambaleda Utara, Kabupaten Manggarai Timur sebagai pantai terpanjang di kawasan pantai utara (Pantura) dari Manggarai Timur, NTT, Jumat, (29/4/2022). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)

Saat ini, suasananya masih sepi dan belum banyak diketahui.

"(Semoga) promosi potensi pariwisata di Kecamatan Lambaleda Utara (LAUT) semakin gencar dipublikasikan agar wisatawan berkunjung di waktu akan datang," jelasnya.

Baca juga: Festival Budaya di Manggarai Timur NTT, Utamakan Wisata Budaya dan Religi

Sementara itu, Camat Lambaleda Utara (LAUT), Agustinus Supratman menjelaskan, pesisir pantai utara (Pantura) dari arah barat ke bagian timur sangat cocok untuk menikmati matahari terbenam.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Ini termasuk Pantai Luwuk, Sirise, Waso, Ronting, Binaan, Dampek, Nangalirang, SUT, Laing Lewe, Nanga rema, Tanjung Kurbaja, dan Torong Hau.

"Saya mengajak wisatawan, baik lokal, nusantara dan mancanegara untuk menjelajahi pantai utara (Pantura). Wisatawan bisa melepaskan kepenatan dengan menyaksikan matahari terbenam (SUT) dari pinggir pantai," ucapnya kepada Kompas.com, Minggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com