Kompas.com - 02/08/2022, 07:52 WIB

KOMPAS.com - Mulai 1 Agustus 2022, masuk ke Malaysia tak perlu lagi mengisi kartu pelancong yang ada di dalam aplikasi MySejahtera.

Menurut Menteri Kesehatan Malaysia, Khairy Jamaluddin, ini diberlakukan untuk menyederhanakan prosedur masuk ke Negeri Jiran seiring dengan sistem kesehatan yang dinilai sudah baik atau dalam level terkontrol.

Baca juga: 6 Wisata Malaysia Pemecah Rekor Dunia, Ada Pendakian Via Ferrata Tertinggi

"Kementerian Kesehatan akan selalu meningkatkan aktivitas pengawasan terhadap gejala-gejala yang dialami para pelaku perjalanan di semua pintu masuk ke Malaysia," ujar Khairy dalam sebuah pernyataan, Sabtu (30/07/2022), seperti dikutip Kompas.com dari The Straits Times.

Saat kedatangan, pelaku perjalanan yang terdeteksi mengalami demam melalui alat pemindai panas atau ditemukan tidak enak badan akan dirujuk untuk pemeriksaan oleh Kementerian Kesehatan.

Baca juga: 10 Negara yang Bisa Dikunjungi Tanpa Syarat Tes PCR

Jika yang bersangkutan ditemukan terinfeksi Covid-19, cacar monyet, MERS-CoV atau lainnya, maka akan dirujuk kembali ke fasilitas kesehatan terdekat untuk pemeriksaan kembali dan perawatan.

"Oleh karena itu, semua pelaku perjalanan yang baru datang dari luar negeri harus melakukan pemantauan diri, mematuhi prosedur operasi standar yang ditetapkan dan dianjurkan untuk pemeriksaan di fasilitas kesehatan terdekat jika tidak sehat," ujarnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Untuk diketahui, seperti dikutip dari Channel News Asia, saat ini pelaku perjalanan yang masuk ke Malaysia harus mengunduh, mengaktifkan, dan mendaftar di aplikasi MySejahtera pada ponsel masing-masing.

Kemudian, mereka harus mengisi kartu pelancong sebelum memulai perjalanan. Beberapa informasi yang perlu dituliskan seperti nomor paspor, kewarganegraan, tujuan bepergian, tempat keberangkatan, serta tanggal keberangkatan dan ketibaan.

Baca juga: Wisata Desa Langgason Nunukan, Rafting di Sungai Perbatasan RI-Malaysia

Para pelancong juga akan diminta untuk memverifikasi jenis vaksin Covid-19 dan jumlah dosis yang sudah diambil, pada formulir kedatangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.