Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HUT RI, Pendaki Muda Indonesia Akan Kibarkan Merah Putih di Puncak Elbrus

Kompas.com - 02/08/2022, 10:52 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Khansa Syahlaa, seorang pendaki muda sekaligus siswi kelas 10 dari SMA Labschool Jakarta Timur akan mengibarkan bendera Merah Putih di puncak gunung tertinggi benua Eropa, Gunung Elbrus, Rusia, sebagai persembahannya untuk Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia.

Dalam menjalankan misi tersebut, Khansa dilepas langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jakarta Pusat, pada Senin.

"Khansa ingin menghadiahkan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-77 dengan mendaki gunung ke-77 di usianya yang sangat muda ini. Selamat berjuang untuk Khansa Syahlaa dalam menyelesaikan pendakian Gunung Elbrust," tutur Menparekraf Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing yang berlangsung secara daring, Senin (01/08/2022).

Baca juga: 7 Gunung Tertinggi di Pulau Jawa, Seven Summit yang Wajib Didaki

Adapun pendakian kali ini, seperti diucapkan oleh Sandiaga, merupakan gunung ke-77 yang akan didaki oleh Khansa.

Khansa Syahlaa akan mendaki Gunung Elbrust di RUsia dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun.dokumentasi Kemenparekraf Khansa Syahlaa akan mendaki Gunung Elbrust di RUsia dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun.

Sebelumnya, pada 2019 ia berhasil mencapai puncak gunung tertinggi di benua Afrika, yaitu gunung Kilimanjaro yang berdiri setinggi 5.895 mdpl di Tanzania. Sementara pada 2017 ia  berhasil mendaki puncak Cartenz Pyramide yang menjulang setinggi 4.848 mdpl di Papua.

Baca juga:

"Pendakian Gunung Elbrust ini adalah misi dari aku untuk memeriahkan kemerdekaan Indonesia, dengan aku akan melakukan ekspedisi pengibaran bendera merah putih di puncak tertinggi di benua Eropa, Gunung Elbrus di Rusia, dengan ketinggian sekitar 5.642 mdpl," kata Khansa.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com