Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Agenda Peringatan HUT Ke-77 RI, Ada Pembukaan TMII Usai Renovasi 

Kompas.com - 02/08/2022, 21:03 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia akan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI pada 17 Agustus 2022 mendatang. Guna memeriahkan perayaan HUT ke-77 RI, pihak Istana Negara akan menyelenggarakan sejumlah agenda.

Adapun, tema HUT ke-77 RI adalah Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. 

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama mengatakan, rangkaian agenda peringatan HUT ke-77 RI akan berlangsung selama sebulan penuh. 

Baca juga: Cara Ikut Upacara HUT Ke-77 RI di Istana Merdeka dan Online

“Menyambut HUT ke-77 RI yang mengambil tema Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, pemerintah akan melaksanakan rangkaian kegiatan sebulan penuh di Agustus 2022,” ujarnya dalam keterangan resmi dalam laman Sekretariat Kabinet, dikutip Selasa (2/8/2022). 

Berikut rangkaian agenda 17 Agustus 2022 yang diselenggarakan oleh Istana Negara:

Baca juga: Tema, Logo, dan Twibbon HUT Ke-77 RI

1. 1 Agustus 2022: Zikir kebangsaan, yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Selain presiden dan wapres, hadir dalam acara tersebut sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju serta tokoh-tokoh lintas agama.

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat menghadiri acara zikir dan doa kebangsaan 77 tahun Indonesia Merdeka di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (1/8/2022).YouTube.com/Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat menghadiri acara zikir dan doa kebangsaan 77 tahun Indonesia Merdeka di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (1/8/2022).

2. 13 sampai dengan 22 Agustus 2022: Pameran arsip dan mobil kepresidenan RI di Sarinah, Jakarta Pusat. Adapun, tema pameran ini adalah Indonesia Menjawab. 

Setya menuturkan, dalam pameran ini para pengunjung akan melihat sejumlah arsip berupa dokumentasi foto, video, dan dokumen-dokumen lain.

Dalam pameran itu, lanjutnya, masyarakat dapat melihat upaya tujuh presiden RI menjawab krisis dan tantangan pada zaman kepemimpinan masing-masing. 

Baca juga: 7 Wisata Sejarah Kemerdekaan RI, Pas Dikunjungi Saat 17 Agustus 

Presiden Joko Widodo saat menandatangani prasasti peresmian transformasi Sarinah di Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/7/2022).KOMPAS.com/Dian Erika Presiden Joko Widodo saat menandatangani prasasti peresmian transformasi Sarinah di Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/7/2022).

“Katakanlah di zaman Pak Soekarno, bagaimana beliau menyatukan seluruh bangsa Indonesia. Masing-masing presiden punya tantangannya sendiri, masing-masing presiden ini punya krisis yang harus dijawab. Dan yang terakhir di Presiden ke-7, Pak Presiden Jokowi menjawab tantangan krisis global, bagaimana menjawab pandemi Covid-19 ini,” terang Setya.

Baca juga: Monumen Jenderal Sudirman di Pacitan, Saksi Bisu Kemerdekaan Indonesia

Sementara mobil-mobil yang dipamerkan merupakan kendaraan yang pernah digunakan para presiden RI, mulai dari zaman Presiden Soekarno hingga Presiden Jokowi

“Ini akan menarik karena mobil-mobil itu dipakai oleh para presiden kita, tujuh presiden kita,” ujarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com