Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Gunung yang Bisa Didaki untuk 17 Agustus 2022

Kompas.com - 04/08/2022, 09:06 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peringatan Hari Ulang Tahun kemerdekaan Indonesia setiap 17 Agustus kerap diwarnai dengan sederet aktivitas menarik.

Salah satunya ialah dengan melakukan pengibaran bendera Merah Putih di gunung yang seolah menjadi sebuah tradisi di kalangan para pendaki.

Baca juga: 5 Gunung di Sekitar Wisata Dieng, Bisa Sekalian Mendaki

Bagi kamu yang ingin mengibarkan bendera Merah Putih dari puncak gunung saat 17 Agustus 2022 nanti, berikut rekomendasi Pegipegi tentang lima gunung indah di Indonesia yang cocok didaki bagi pemula maupun profesional.

Gunung untuk mengibarkan Merah Putih saat 17 Agustus

1. Gunung Kerinci

Ilustrasi mengibarkan merah putih di Gunung Kerinci.SHUTTERSTOCK/M RINANDAR TASYA Ilustrasi mengibarkan merah putih di Gunung Kerinci.

Mengibarkan bendera Merah Putih di puncak gunung berapi tertinggi di Indonesia tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi para pendaki.

Gunung Kerinci sebagai gunung tertinggi di Pulau Sumatra sekaligus gunung berapi tertinggi di Indonesia ini bisa menjadi opsi bagi kamu untuk merayakan 17 Agustus-an.

Baca juga: 10 Gunung Tertinggi di Indonesia, Ada yang Berselimut Salju Abadi 

Gunung dengan ketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut ada di Provinsi Jambi.

2. Gunung Rinjani

Keindahan alam Gunung Rinjani, tempat Taman Nasional Gunung Rinjani berada.Shutterstock/Ye Choh Wah Keindahan alam Gunung Rinjani, tempat Taman Nasional Gunung Rinjani berada.

Gunung Rinjani yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, memiliki ketinggian 3.726 mdpl. Sehingga menjadikannya sebagai gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia.

Per 27 Juli 2022 lalu, Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) telah memberlakukan kuota normal di kawasan wisata Taman Nasional Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat (NTB), sebesar 100 persen.

Baca juga: 5 Gunung di Sekitar Wisata Dieng, Bisa Sekalian Mendaki

Sementara itu, untuk jam operasional, kamu bisa check-in pada hari Senin-Minggu, mulai pukul 07.00 WITA sampai 15.00 WITA

Sedangkan untuk check-out yakni mulai pukul 07.00 WITA sampai dengan 17.00 WITA, atau konfirmasi khusus dengan petugas.

Adapun registrasi bisa dilakukan, mulai pukul 05.00 WITA-20.00 WITA, lewat aplikasi e-Rinjani yang dapat diunduh di Playstore.

3. Gunung Semeru

Gunung Semeru, salah satu bentang alam yang terdapat di Jawa TimurShutterstock/Jhon Images Gunung Semeru, salah satu bentang alam yang terdapat di Jawa Timur

Gunung Semeru yang berada di Jawa Timur merupakan salah satu gunung yang sering didaki ketika peringatan HUT Kemerdekaan RI.

Gunung dengan ketinggian 3.676 mdpl ini menyajikan pemandangan alam yang sangat indah. Pendaki bisa berkemah di salah satu spot paling populer di Gunung Semeru, yakni Danau Ranu Kumbolo pada ketinggian 2.389 mdpl.

Baca juga: Berita Foto: Gunung Bismo, Salah Satu Atap Dieng yang Begitu Menawan

Seperi dikutip dari Kompas.com, Minggu (05/12/2021), Gunung Semeru memiliki sebuah situs arkeologi yang menyimpan sepasang arca kuno bernama Arcapada.

Salah satu dari sepasang arca ini merupakan perwujudan dari Dewa Siwa dan dikatakan sebagai simbol penolak bala.

Arca kembar ini terletak di sebuah jalur lama yang medannya cukup sulit untuk ditempuh, bahkan dapat menyesatkan para pendaki.

Lokasi sepasang arca ini ditempatkan berada pada ketinggian 3.002 mdpl, sehingga membuat Gunung Semeru sebagai rumah tertinggi bagi arca kuno di Pulau Jawa.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com